AdvetorialRiau

KKN UNRI 2023: Meningkatkan Potensi Didik melalui Lomba di SDN 07 Kampung Jati Mulya

Bagikan :

Kerinci, Suaraaura.com – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki tujuan untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari selama kuliah di masyarakat. Tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa, KKN juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat di tempat penugasan. Pada tahun 2023, Universitas Riau (UNRI) menggelar KKN dengan tema yang menginspirasi, yaitu “Mengembangkan Potensi Didik melalui Lomba di SDN 07 Kampung Jati Mulya.”

Kampung Jati Mulya terletak dalam wilayah Kecamatan Kerinci Kanan yang terletak dititik koordinat N 00.31.07.6″ dan E 101.53 49.2″ yang berbatasan dengan Kampung Gabung Makmur, Kampung Buatan Baru, PT. Inti Indosawit Subur, dan Desa Delik Kabupaten Pelalawan dengan sebagian besar kontur tanahnya adalah datar dan berbukit, yang diberdayakan untuk perkebunan sawit dan Program Trans PIR. Letak Kampung Jati Mulya yang berada diperbatasan antara kabupaten siak dan Kabupaten Pelalawan di kelilingi oleh dan perusahaan besar yaitu PT. RAPP dan PT. Perkebunan Inti Indosawit Subur di Kabupaten Pelalawan, menjadikan wilayah Kampung Jati Mulya termasuk dalam wilayah yang sangat strategis yang mempunyai potensi besar menjadi kampung yang lebih maju. Desa ini memiliki SDN 07 sebagai lembaga pendidikan dasar yang memiliki potensi didik yang perlu ditingkatkan melalui berbagai program pengembangan. Kegiatan KKN dengan tema lomba bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan menggali potensi siswa SDN 07 Kampung Jati Mulya.

Tujuan dan Lomba yang dilaksanakan KKN UNRI 2023



1. Mendorong Imajinasi Siswa kelas I dan II : Lomba Menggambar yang diadakan bertujuan untuk mendorong siswa menuangkan imajinasinya. Dengan adanya lomba, diharapkan siswa akan lebih termotivasi untuk menunjukkan kemampuan dan bakat mereka.

2. Meningkatkan Minat Membaca kelas III : Lomba Membaca Pembukaan UUD 1945 diarahkan untuk meningkatkan minat Membaca siswa. Dengan berkompetisi, siswa akan terpacu untuk belajar membaca.

3. Meningkatkan kemampuan Matematika dengan Lomba Cerdas Cermat Matematika Siswa kelas V dan VI: Melalui persiapan dan pelaksanaan Siswa diberi kesempatan untuk menguji pengetahuan mereka di bidang matematika melalui lomba matematika dan melatih rasa percaya diri. Mereka juga belajar untuk berkompetisi dengan sehat.

Manfaat KKN bagi Masyarakat dan Mahasiswa

Kegiatan KKN denga lomba ini memberikan manfaat ganda. Bagi masyarakat, mereka akan melihat perubahan positif dalam pendidikan anak-anak mereka, termasuk peningkatan kreativitas, minat membaca, dan keinginan belajar. Bagi mahasiswa, mereka dapat mengembangkan kemampuan kepemimpinan, meningkatkan pengalaman, dan meningkatkan pemahaman tentang dinamika ketika mengajar siswa.

Kesimpulan

KKN UNRI 2023 dengan tema “Mengembangkan Potensi Didik melalui Lomba di SDN 07 Kampung Jati Mulya” merupakan upaya yang positif dalam memajukan pendidikan dasar di desa tersebut. Dengan menggelar berbagai lomba, diharapkan potensi siswa dapat tergali dengan baik dan memberikan dampak positif jangka panjang bagi perkembangan pendidikan di Kampung Jati Mulya. Program semacam ini juga mendorong semangat kompetisi sehat dan kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat, yang pada akhirnya akan memajukan dunia pendidikan di Indonesia.



































































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial