DaerahKab. Kampar

Usai Ziarah Kubur, Pj Bupati Kamsol Hadiri Halal Bihalal dan Pulang Basamo Masyarakat Sei Tonang

Bagikan :

Kampar Utara (suaraaura.com)- Setelah melakukan Ziarah Kubur bersama Gubernur Riau Drs Syamsuar,M.Si dan rombongan dalam rangka tradisi Raya Enam 1444 H/2023 M.

Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol,MM menghadiri Pulang basamo, Ziarah Kubur sekaligus Halal Bihalal dengan masyarakat Desa Sei Tonang di Masjid Nurul Huda Sei Tonang Kecamatan Kampar Utara, sabtu (29/4/2023).

Selain Pj Bupati, hadir juga mendampingi Pj Sekda Kampar Ir Azwan,M.Si, Tokoh Masyarakat di Kampar Dasril Afandi, Ketua Apindo Kampar M Amin, Kadis DPMPTSP Zulia Dharma, Camat Kampar Utara Riska Jonita Putri, Dr Asrul, Dr Subahan, Ustadz Edi Azhar dan Kades Sei Tonang Yeni Rahman.



Dalam arahannya, Dr Kamsol menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah menyelenggarakan dan mengikuti tradisi ziarah kubur yang disebut dengan raya enam.

Ini adalah momen langkah yang luar biasa, dan ini hanya ada di kabupaten kampar khsusnya wilayah Bangkinang Seberang, sebagian di Salo dan Kampar Utara.

Ini adalah momen kita agar lebih mengingatkan kita dengan kematian, karena semua kita akan menyusul dengan memanjatkan do’a untuk jasad dalam kubur disetiap kuburan yang dikunjungi.

Selain itu, hal positif diambil dalam ziarah ini adalah terjalinnya silaturahmi yang luar biasa sesama masyarakat. Bukan masyarakat biasa, masyarakat yang berada di perantauan dimapun di hari raya enam ini pulang kampung dan mengikuti ziarah berjalan kaki bersama.

Dengan demikian, Kamsol berharap semoga tradisi ini terus dilaksanakan dan perlu ditingkatkan. Karena usai ziarah, seluruh masyarakat disetiap masjid juga pasti melakukan makan bajambau bersama.

Pantas Kampar disebut “Serambi Mekahnya Riau”. Karena kampar memiliki para abuya, baik tinggal di kampar maupaun daerah lain, bahkan ada warga kampar memberikan tausih di Masjid Nabawi. Selain itu banyak juga tradisi lain, termasuk tradisi balimau kasai menyambut bulan puasa.

Ketua Panitia Ziarah Kubur Dr Dendi Muhammad menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pj Bupati Kampar dan rombongan.

Karena didalam banyaknya undangan pada hari ini terkait raya enam, namun beliau masih sempat bersilaturahmi bersama kita, memberikan arahan, makan bersama serta memberikan sedikit bantuan.(Advetorial)



































































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah