Nasional

Tanggal 13 Oktober Memperingati Hari Apa?

Bagikan :

Suaraaura.com – Tanggal 13 Oktober 2023 jatuh pada hari Jumat. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Telur Sedunia. Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 13 Oktober 2023.

Hari Telur Sedunia

Dunia mengadakan satu hari untuk memperingatkan peran penting kehadiran telur sebagai sumber makanan. Setiap tanggal 13 Oktober dirayakan Hari Telur Sedunia. Hari Telur Sedunia pertama kali ada pada tahun 1996 melalui konferensi IEC di Wina. Tujuannya untuk merayakan dan menghargai pentingnya dan manfaat telur bagi kita semua.



Telur merupakan salah satu sumber protein alami dengan harga yang terjangkau. Dalam satu butir telur mengandung vitamin A, D, K, B6, dan B12; dan mineral seperti seng, besi, dan tembaga. Telur juga menolong banyak orang untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan. Oleh sebab itu adanya telur di muka bumi ini patut dirayakan dengan hadirnya Hari Telur Sedunia. Perayaannya bisa dengan memakan telur sebagai lauk pauk atau membuat kue yang berasal dari bahan dasar telur.

Hari Trombosis Sedunia Setiap tanggal 13 Oktober ada Hari Trombosis Sedunia. Trombosis merupakan penyakit yang mengakibatkan terjadinya gumpalan darah sehingga dapat menyumbat pembuluh darah. Trombosis dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara cepat. Melansir National Today, satu dari setiap empat orang meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan trombosis. Hari Trombosis Sedunia yang pertama akan diadakan pada tanggal 13 Oktober 2014. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan akibat trombosis ini. Tujuan Hari Trombosis Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran global mengenai trombosis, termasuk penyebabnya, faktor risiko, tanda dan gejala, serta pencegahan dan pengobatannya.

Hari Trombosis Sedunia

Setiap tanggal 13 Oktober ada Hari Trombosis Sedunia. Trombosis merupakan penyakit yang mengakibatkan terjadinya gumpalan darah sehingga dapat menyumbat pembuluh darah. Trombosis dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara cepat. Melansir National Today, satu dari setiap empat orang meninggal akibat penyakit yang berhubungan dengan trombosis.

Hari Trombosis Sedunia yang pertama akan diadakan pada tanggal 13 Oktober 2014. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan akibat trombosis ini. Tujuan Hari Trombosis Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran global mengenai trombosis, termasuk penyebabnya, faktor risiko, tanda dan gejala, serta pencegahan dan pengobatannya.

Hari Tanpa Bra

Pada 13 Oktober setiap tahunnya dirayakan Hari Tanpa Bra atau National No Bra Day. Hari ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kaum perempuan akan resiko kanker payudara. Penelitian meyakini bahwa melepas bra menjadi salah satu yang bisa mencegah adanya kanker payudara. Asal usul Hari Tanpa Bra ini ada sejak 9 Juli 2011 dan 19 Oktober 2011.

Hari Tanpa Bra Nasional didirikan di Toronto, Kanada dan awalnya diberi nama Hari BRA oleh Dr. Mitchell Brown. Hari BRA diperingati untuk meningkatkan kesadaran bagi perempuan yang menjalani mastektomi dan mendorong pemeriksaan mandiri. Lalu sejalan dengan tujuannya, pada bulan Juli di tahun yang sama, seseorang yang menggunakan nama samaran Anastasia Donuts mengadakan Hari Tanpa Bra Nasional untuk meningkatkan kesadaran akan kanker payudara.

Sumber : Kompas.com





































































You may also like

Comments are closed.

More in Nasional