AdvetorialDaerahKab. Kampar

Penanaman Bibit Tanaman, Pj Bupati Kampar Berharap Penanaman Pohon Tidak Hanya Seremonial Belaka, Tetapi Dijaga Dan di Pelihara.

Bagikan :

XIII Koto Kampar(suaraaura.com)- Dalam Rangka Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Pj Bupati Kampar Mhd Firdaus, SE, MM menanam Pohon Bersama Masyarakat yang diselenggarakan di Danau Rusa XIII Koto Kampar, Rabu (13/12/2023).

Tampak hadir, Tenaga Ahli Menteri LHK Dr. Afni Zulkifli, Ketua Forum DAS Riau Ir. Hardison, Kepala BPDAS Indragiri Rokan Irpana, S. Hut, M.Sc, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Zamhur, Kadis Perikanan Zulfahmi, Kadis Perhubungan Refizal, Kalaksa Drs. Agustar, Kadis Koperasi Dendi Zulkairi, Lurah XIII Koto Kampar Ahmad Noval.S.STP dan tamu undangan lainnya.

Dalam Acara HMPI ini 250 Bibit di serahkan ke Masyarakat dengan mengusung tema “Menanam Pohon Bersama Masyarakat Menciptakan Lingkungan Yang Sehat.”



Dalam arahannya, Pj Bupati Kampar Mhd Firdaus,SE, MM mengingatkan bahwa Penanaman Pohon Menghijaukan Alam merupakan bentuk Kecintaan, Kepedulian dan rasa syukur kita terhadap bumi anugerah Allah ini dengan menjaganya sehingga terciptanya lingkungan hidup yang sehat.

“Saya mengucapkan terimaksih kepada Kementrian LHO, BPDAS Indragiri Rokan yang telah memilih Kampar sebagai salh satu tempat hari Penanaman Pohon Indonesia Tahun 2023 ini.”ungkapnya.”

Ia juga mengatakan, seperti yang kita lihat, Alih fungsi lahan yang berada disekitar waduk PLTA Koto Panjang juga menjadi masalah dan akan menjadi ancaman lingkungan di masa yang akan datang.

“Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak untuk bersungguh-sungguh menghentikan penyebab kerudakan Hutan akibat penebangan liar dan Kebakaran Hutan, saya berharap agar segera berusaha memperbaiki kerusakan hutan dan lingkungan yang relah rusak dan kritis dengan Melakukan Menanam Pohon bersama masyarakat agar terciptanya lingkungan yang sehat.”Ungkap Pj Bupati.”

Pj Bupati Kampar ingatkan, Penanaman Pohon dan Menghijaukan lingkungan belum menjadi kebiasaan masyarkaat, namun Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar selalu Hadir ditengah masyarakat untuk selalu menciptakan Lingkungan Hidup yang Sehat.

“Membangun Kebiasaan menanam seharusnya menjadi kebutuhan secara berkelanjutan kepada masayarakat dalam menyukseskan gerakan nasional dan upaya nyata seluruh komponen bangsa untuk menciptakan lingkungan sehat.”ungkapnya.”

“Saya sangat berharap Penanaman Pohon yang dilaksanakan hari ini tidak hanya seremonial belaka, akan tetapi dijaga dan dirawat agar tidak rusak, sehingga yang kita upayaakan dapt dirasakan oleh Masyarakat ataupun anak cucu kita yang ada di Kampar.”tutupnya.”

Dalam sambutannya, Tenaga Ahli Menteri LHK Dr. Afni Zulkifli mengatakan bahwa pengelolaan hutan dan lahan harus memberikan manfaat nyata bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, seiring dengan peningkatan produktivitas hutan dan lahan serta terpeliharanya kelestarian alam.

“Penanaman pohon ini memang kegiatan yang berdampak pada kelestarian lingkungan apabila diikuti dengan pemeliharaannya, Saya berharap menanam Pohon ini tidak sekedar Seremonial saja, tetapi juga Pemeliharaannya.”ungkapnya.”

Tenaga Ahli Menteri ini juga mengatakan,dengan pernyataan Presiden, bahwa saat ini, KLHK sedang menggalakan pembangunan hutan serba guna, yaitu hutan dengan menggabungkan fungsi lindung dan produksi berupa hutan tanaman, berupa buah buahan.

“Program pembangunan hutan serba guna juga dapat menjadi model pembangunan hutan di areal kegiatan perhutanan sosial, sehingga terbangun hutan yang lestari sekaligus meningkatkan pendapatan bagi masyarakat.”tutupnya.”

“Tenaga ahli Menteri ini juga berharap agar Pemerintah Daerah Kampar ini mendukung program penanaman ini, dan Kami dari KLHK siap untuk mendukung kebutuhan bibit yang dapat diperoleh secara gratis. Selain itu, Menteri LHK Siti Nurbaya juga meminta BUMN, BUMD, dan BUMS agar dapat ikut terlibat secara nyata dan mandiri dalam mendukung program penanaman ini.”tutupnya.”

Diakhir sambutannya, Pj Bupati Kampar beserta Tenaga Ahli Menteri Melakukan Penanaman Pohon disekitar Wilayah Danau Rusa Kecamatan XIII Koto Kampar.”
(Advetorial).





































































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial