AdvetorialDaerahKab. Kampar

Pelatihan Koperasi Syariah Batch 1 Koperasi Konsumen Syariah KPRI Prima Husada Barokah

Bagikan :

Bagkinang Kota (Suaraaura.com) KKS KPRI Prima Husada Barokah dalam meningkatan SDM anggota pada hari senin-selasa tanggal 7-8 Agustus 2023 melakukan kegiatan Pelatihan Koperasi Syariah Batch 1 yang dalam pembukaannya hadir Plt Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMK Kabupaten Kampar Bapak Nur Azman, S. Sos, M. Si, Pengurus yaitu Ketua Bapak H. Sapta Yulis, SE serta sekretaris dan bendahara, turut hadir juga Ketua Pengawas Bapak H. Gafar, SKM serta anggota nya, Turut Juga hadir Dewan Pengawas Syariah (DPS) Ust. Diat Kardiat,S.Hi. M.Sy dan Ust. Iskandar, SE.Sy, ME, Serta Narasumber Pelatihan dari Lembaga Lentera Institute Pekanbaru Dr (C) P. Adiyes Putra, M.Si dan Dr. Nurnasrina, SE, M.Si, Serta para peserta Pelatihan Koperasi Syariah dari Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan Puskesmas
Dalam Sambutan Ketua Panitia Bapak H. Sapta Yulis, SE menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah keyakinan dan wawasan keilmuan anggota untuk bermuamalah secara syariah di koperasi yang kita cinta ini. Koperasi kita sudah konversi dari Konvensional ke Syariah semenjak telah disahkan Anggaran Dasar Nomor AHU 0003742.AH.01.27.TAHUN 2022 pada tanggal 03 januari 2022 oleh Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia. Pak Sapta juga mengatakan Peserta yang telah kita berikan Pelatihan Koperasi Syariah akan bisa menjadi jambatan informasi kepada anggota lain untuk mengetahui dan mengerti dengan sistem yang telah disepaki oleh anggota yaitu Syariah.
Diakhir kata sambutannya ketua panitia Pak Sapta mengucapkan terima kasih kepada Plt Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMK Kabupaten Kampar yang telah hadir dalam kegiatan ini.

Dalam sambuatan Plt Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMK Kabupaten Kampar Bapak Nur Azman, S. Sos, M. Si, beliau menyampaikan kepada seluru peserta yang hadir bahwasanya KKS KPRI Prima Husada Barokah bisa menjadi Pilot Project pada koperasi syariah lainnya. Beliau sangat berpesan Koperasi yang sehat adalah koperasi yang setiap tahunnya ada RAT kepada anggota.

Kegiatan selanjutnya diberikan kepada Lembaga Lentera Institute untuk memberikan Pelatihan Koperasi Syariah Batch 1, adapun materinya diberikan kepada peserta adalah Islamic View (Islam is my way of life) yang narasumbernya adalah Ketua DPS Ust. Diat Kardiat, S.Hi.M.Sy dalam materinya disampaikan kepada peserta untuk meninggalkan larangan Allah dan masuk islam secara kaffah. Ketua DPS juga menyampaikan kepada anggota KKS KPRI Prima Husada Barokah yang merupakan peserta Pelatihan bahwasanya yang mengawas koperasi kita terdiri dari Pengawas Internal dan Dewan Pengawas Syariah (DPS),maka setiap transaksi dan akad produk yang dikeluarkan oleh KKS harus sesuai dengan fatwa DSN-MUI berdasarkan Opini DPS.

Materi selanjutnya di isi oleh Ibu Dr. Nurnasrina, SE, M.Si tentang Overview Koperasi Syariah dan Pengelolaan Zizwaf pada Koperasi. Alhamdulillah koperasi kita sudah mengeluarkan Zakat kepada Baznas untuk zakat tahun RAT 2022. Maka diharapkan pada materi ini semoga Anggota mau berwakaf untuk pengembangan Ekonomi Syariah berupah Wakaf Produktif.
Tidak itu aja materi yang sangat di tunggu-tunggu oleh peserta adalah Akad-Akad & Pengembangan Produk Koperasi Syariah yang di sampaikan oleh Ust. Iskandar, SE. Sy. ME, selesai materi disampaikan kepada para peserta maka diwajibkan untuk menghafal produk-produk koperasi syariah yang dipelajari… alhamdulillah peserta sangat antusias terhadap akad-akad koperasi syariah tersebut.

Materi selanjutnya di isi Oleh Bapak Direktur Dr (C) P. Adiyes Putra, M.Si yang menyampaikan materi Manajemen resiko & SOP Koperasi Syariah dan Akuntansi Koperasi Syariah… Dikarenakan koperasi sudah syariah maka pencatatan keuangan harus sesuai dengan syariah berdasarkan akuntansi PSAK
Diakhir pelatihan Koperasi Syariah Para Peserta diberikan Sertifikat tanda sudah mengikuti kegiatan tersebut. Pada acara penutupan direktur lentera menyebutkan Semoga kegiatan ini Allah Ridhoi dan menjadikan kita selalu orang-orang yang bertaqwa disisi Allah.
(***)




















































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial