AdvetorialDaerahKab. Kampar

Cegah kanker hati, Tim Universitas Riau Melakukan Sosialisasi Vaksinasi Hepatitis B kepada Siswa SMKN 1 Pangkalan Kerinci

Bagikan :

Pelalawan (suaraaura.com)Tim Pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK UNRI) bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNRI melakukan sosialisasi vaksinasi Hepatitis B kepada siswa-siswi SMKN 1 Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Senin (31/7/2023).

Kegiatan sosialisasi dilakukan sejalan dengan Bulan Hepatitis Dunia yang selalu diperingati pada tanggal 28 Juli.

Sosialisasi ini diberikan langsung oleh Rahmat Azhari Kemal, M.Si sebagai ketua tim pengabdian kepada masyarakat FK UNRI serta dosen pembimbing lapangan KKN. Acara ini turut dihadiri Kepala Sekolah SMKN 1 Pangkalan Kerinci, Nurasia, M.Pd beserta jajarannya dan siswa-siswi dari berbagai jurusan.



Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan partisipasi siswa-siswi dalam mengurangi penularan virus hepatitis B. Dengan demikian, siswa-siswi mampu menerapkan dan menyampaikan kepada remaja lainnya, baik di sekolah ataupun di Desa Makmur Jaya.

Sosialisasi diawali dengan kata sambutan dari Kepala Sekolah SMKN 1 Pangkalan Kerinci. Dalam sambutannya, Ibu Nurasia, M.Pd, mendukung kegiatan ini, “Pemeriksaan fungsi hati merupakan salah satu komponen yang diperiksa saat alumni kami melamar pekerjaan. Kami harap dengan adanya sosialisasi ini, pengetahuan siswa kami dapat meningkat sehingga dapat menerapkan kebiasaan yang dapat mencegah terkenanya infeksi virus yang menyerang hati ini, baik dengan melakukan vaksinasi serta menghindari pergaulan bebas”.

“Tingkat penularan hepatitis B di Indonesia masih tinggi, salah satunya penularan kepada bayi dari ibu yang terkena hepatitis B. Mengurangi penularan hepatitis B membutuhkan upaya yang konsisten, salah satunya melalui vaksinasi. Saat ini, program vaksinasi Hepatitis B sudah dilaksanakan pemerintah bagi bayi yang baru lahir. Namun, masyarakat umum dapat melakukan vaksinasi secara mandiri untuk mencegah penyakit yang dapat berujung pada kanker hati ini.” terang ketua tim Pengabdian FK UNRI, Rahmat Azhari Kemal, M.Si.

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, pergaulan bebas di desa dapat dicegah dan dibatasi serta menyemarakkan vaksinasi sehingga berkontribusi dalam mengurangi penyebaran penyakit hepatitis B”, lanjut pak Rahmat.

“Saya berharap semoga dengan adanya sosialisasi ini, pergaulan bebas di desa dapat dicegah dan dibatasi serta menyemarakkan vaksinasi sehingga berkontribusi dalam mengurangi penyebaran penyakit hepatitis B”, lanjut pak Rahmat.

“Hepatitis B merupakan salah satu penyakit yang harus terus disosialisasikan karena penyakit ini terus meningkat dari tahun ke tahun serta menular melalui pergaulan yang berisiko. Maka dari itu, kami mahasiswa KKN UNRI antusias untuk melakukan penyuluhan kepada pemuda pemudi Desa Makmur Jaya tentang hepatitis B dan vaksinasi untuk mencegah penularan. Kami harap sosialisasi ini dapat meningkatkan sikap positif untuk vaksinasi serta menjauhi pergaulan bebas sehingga berkontribusi dalam mengurangi penyebaran penyakit hepatitis B”, ujar Teuku Adib Bariq Muzhaffar selaku salah satu anggota KKN UNRI Desa Makmur yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Riau.

Selain pemberian materi, tim pengabdian FK UNRI bersama tim KKN UNRI juga memberikan video edukatif mengenai penyakit hepatitis B dan vaksinasinya melalui Reels Instagram dan Tiktok sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan siswa-siswi SMKN 1 Pangkalan Kerinci melalui media sosial yang sering mereka gunakan.

Kegiatan sosialisasi hepatitis B diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta, mahasiswa kukerta UNRI, tim pengabdian masyarakat FK UNRI, dan staf SMK Negeri 1 Pangkalan Kerinci.(***)



































































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial