DaerahKota PekanbaruPendidikan

MAHASISWA KKN UNIVERSITAS RIAU MELAKUKAN KEGIATAN PENGEMBANGAN UMKM OLAHAN PISANG DIKELURAHAN RANTAU PANJANG.

Bagikan :

Pekanbaru,(Suaraaura com) UMKM atau kepanjangan dari Usaha Mikro, Kecil, Menengah merupakan usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau milik perorangan yang merujuk pada ekonomi produktif sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008.

Tim KKN Balek Kampung Rantau Panjang yang diketuai oleh Muhammad Tamyis Lutfi Hakim (Fakultas Pertanian) dengan 9 anggota lainya yg terdiri dari Riski Saputra (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Najmi Fadhila Nithami (Fakultas Pertanian), Ismu Sodaqti (Fakultas Pertanian), Maulana Ishak (Fakultas Pertanian), Dhini Yulianti (Fakultas Pertanian), Elli Indriana Putri (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Mimi Safitri (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan),Elsya Desviyanti (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), dan Rizal Noor (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) pada (9/8/2022).

Upaya mahasiswa KKN Balek Kampung Rantau Panjang dalam mengembangkan UMKM yang ada di kelurahan Rantau Panjang sebagai bentuk meningkatkan kegiatan perekonomian di kelurahan tersebut. Didukung dengan mata pencaharian penduduknya adalah sebagian besar sebagai petani, dan lahan pertanian pisang yang cukup luas. Sehingga pengembangan UMKM kripik pisang menjadi satu sasaran yang tepat.

Dalam upaya pengembangan UMKM ini, mahasiswa KKM membantu dalam hal produksi kripik pisang, pembuatan logo, packaging serta pemasaran produk.

Adapun UMKM Kripik Pisang ini adalah ibu maesaroh salah seorang warga kelurahan Rantau Panjang yang juga merupakan seorang kader lansia di kelurahan tersebut.

Selaku pemilik UMKM Kripik Pisang, ibu Maesaroh merasa beruntung dikarenakan usahanya bisa aktif lagi. Ditambah lagi semangat mahasiswa KKN dalam upaya membantu mengembangkan UMKM.

“Sudah lama usaha saya ini tidak saya lanjutkan. Biasanya pembuatan kripik pisang jika ada pesanan saja. Tapi, kehadiran mahasiswa ini membuat saya jadi bersemangat kembali untuk menghidupkan usaha kripik pisang ini”, Ujar bu Maesaroh.

Dengan adanya pengembangan UMKM ini diharapkan dapat memajukan usaha milik bu maesaroh sehingga nantinya akan menjadi lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Kelurahan Rantau Panjang dan memberikan dampak yang baik terkhusus dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang perekonomian.(***).




















































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah