DaerahKab. Kampar

Air Naik 20 CM di Waduk PLTA Koto Panjang, Siang Ini Pintu Dibuka 5 X 40

Bagikan :

BANGKINANG KOTA, Suaraaura.com – Manajemen Unit Layanan Waduk PLTA Koto Panjang akan membuka pintu pelimpahan tambahan sebanyak dua unit, Rabu (13/12/2023) siang ini pukul 15:00 WIB, karena kondisi air bertambah cukup banyak.

Manager Unit Layanan Waduk PLTA Koto Panjang Cecep Sofhan Munawar membenarkan informasi tersebut saat dikonfirmasi, Rabu (13/12/2023) pagi ini dari Bangkinang Kota.

“Sehubungan dengan masih tingginya curah hujan di sisi hulu yang menyebabkan bertambahnya debit air (Inflow) yang bermuara ke Waduk PLTA Koto Panjang, dengan ini menyebabkan naiknya elevasi Waduk,” ungkap Cecep yang selalu setia memberikan informasi Waduk PLTA Koto Panjang.



Dijelaskan Cecep, dengan kondisi tersebut, maka Manajemen UL PLTA Koto Panjang akan melakukan penambahan bukaan pintu pelimpah air Waduk (Spillway Gate).

“Sebelumnya telah dilakukan pembukaan 3 X 40 Cm akan ditambah bukaan pintu pelimpah sebanyak 2 X 40 CM (total bukaan pintu 5 X 40 CM). Ada penambahan bukaan pintu 2 X 40 CM, perkiraan kenaikan permukaan sungai yakni 20 CM dari kondisi terakhir,” tutupnya.

Memang beberapa hari ini kondisi Bangkinang Kota dan sekitarnya curah hujan cukup tinggi, begitu juga kondisi air sungai Kampar menjadi naik dari seperti biasanya.

Untuk masyarakat yang berada di sekitar sungai Kampar untuk selalu berhati-hati dengan kondisi air saat ini, terutama akan dibukanya pintu air Waduk PLTA Koto Panjang sebanyak 5 X 40 CM.





































































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah