DaerahEkonomiKab. Kampar

Tingkatkan Kesejahteraan Petani Kampar, DISBUNNAK KESWAN Lakukan Kegiatan Pendampingan dan Pembinaan Kepada Kelompok Tani.

Bagikan :

BANGKINANG KOTA, SuaraAura.com – Melalui program Peningkatan Kesejahteraan Petani, Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disbunnak Keswan) melakukan kegiatan pendampingan dan pembinaan kepada kelompok tani Kabupaten Kampar untuk melakukan pemasaran bersama.

Kegiatan ini bertujuan agar kualitas dan nilai jual petani yang tergabung dikelompok tani binaan Disbunnak bidang Usaha Tani tersebut bernilai tinggi dan mendapatkan perhatian dari pabrik.

Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disbunnak Keswan) Kabupaten Kampar, Syahrizal melalui Kabid Usaha Tani Nuraini kepada wartawan, (08/06/2022) diruang kerjanya mengatakan, bahwa kegiatan menjual secara bersama ini telah dilaksanakan di Kelompok Usaha Bersama (KUB) karet mandiri desa Pulau Sarak, Kecamatan Kampar. Dimana KUB desa pulau Sarak ini telah melakukan pemasaran langsung pada pabriknya, ungkap Nuraini.



Untuk mewujudkan itu, Nuraini mengatakan, bahwa tahapan pertama pembinaan untuk peningkatkan harga ini adalah pembentukan kelompok tani itu sendiri, jelas Nuraini.

“Kelompok tani yang baru ini nantinya kita bentuk strukturnya, kemudian kita upayakan bagaimana kelompok tani tersebut terjadi semacam kerjasama yang dimana masing-masing anggota yang memiliki lahan karet sebelumnya menjual secara individu, kita upayakan anggota itu untuk menjualnya secara bersama yang dikoordinir langsung oleh pengurus,” ujar Nuraini.

Nuraini menambahkan dengan telah dilaksanakannya pemasaran bersama ini, tentu rantai pemasaran yang tadinya panjang tidak terlalu panjang lagi, ungkap Nuraini.

Untuk itu, Nuraini menghimbau kepada para petani yang ada di kabupaten Kampar untuk sesegera mungkin mendaftarkan kelompoknya agar nantinya bisa dibantu proses pemasarannya.(adv/Aprizal)



































































Redaksi Suara Aura
Redaksi suaraaura.com merupakan penulis dan kontributor resmi untuk media online milik PT Suara Aura Cemerlang

You may also like

Comments are closed.

More in Daerah