DaerahKab. KamparPendidikanRiau

Tim KKN UNRI Balek Kampung Desa Bukit Ranah Adakan Lomba Keagamaan Peringati Tahun Baru Islam

Bagikan :

KAMPAR(SuaraAura.com) – 1 Muharram merupakan hari pertama dalam Kalender Hijriah dan merupakan awal Tahun Baru Islam. Tahun 2022, tepat pada tanggal 30 Juli 2022 jatuhnya 1 Muharram 1444 H.

Dalam rangka memperingati hari besar bagi umat Muslim, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Balek Kampung Desa Bukit Ranah yang merupakan tim KKN dari Universitas Riau (UNRI), menyelenggarakan perlombaan keagamaan dengan tema “Kuat Iman, Kuat Taat, dan Kuat Takwa di Tahun Baru Islam” untuk tingkat anak-anak di bawah 12 tahun yang bertempat di Masjid Al-Iman.

Perlombaan 1 Muharram 1444 H ini merupakan salah satu program kerja yang dirancang oleh tim KKN di Desa Bukit Ranah, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar yang diketuai oleh Denni Mujib Baetulrohman (Teknik Mesin), dan beranggotakan Adystin Widya Ningrum (Hubungan Internasional), Alfin Akbar (Teknik Mesin), Alif Iskandar S. (Pendidikan Bahasa Inggris), Christine Emmanuela (Hubungan Internasional), Della Syafniati (PPKn), Dewi Aulia Ferohida Putri (Hubungan Internasional), Neneng Rahayu Rulida (Akuntansi), Nur Hasanah (Hubungan Internasional), Rahmat Hidayat (Teknik Mesin).

Adapun cabang lomba keagamaan yang digelar yakni lomba pidato, adzan, tahfidz, dan cerdas cermat (fahmil). Tim KKN Desa Bukit Ranah merancang perlombaan ini untuk melatih keberanian, serta menumbuhkan jiwa kompetitif, semangat belajar dan menghafal bagi anak-anak di Desa Bukit Ranah.

Pembukaan acara perlombaan ini dilaksanakan pada Kamis malam, 28 Juli 2022 yang dihadiri oleh Sekretaris Desa, Kepala Dusun, pengurus Masjid Al-Iman, peserta lomba, serta masyarakat Desa Bukit Ranah.

Sedangkan lomba dilaksanakan selama 4 hari, yakni Jumat, 29 Juli 2022 – Senin, 1 Agustus 2022. Perlombaan ini dimulai dari ba’da Isya’ yakni 20:00 WIB hingga 22:00 WIB, namun terkhusus pada lomba tahfidz, dilaksanakan pada Minggu pagi, 08:00 WIB – 10:00 WIB. Dan untuk pengumuman serta pemberian hadiah bagi para pemenang lomba 1 Muharram di Desa Bukit ranah dilakukan pada Rabu, 3 Agustus 2022.

Melihat kegiatan ini mendapatkan berbagai tanggapan positif serta antusias yang tinggi dari masyarakat Desa Bukit Ranah dan peserta lomba dalam memperingati 1 Muharram, Rahmat selaku ketua pelaksana dalam kegiatan perlombaan ini mengatakan, “kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, perangkat desa, antusias peserta dan warga yang ikut meramaikan, sehingga lomba 1 Muharram yang dilaksanakan dari tanggal 29 Juli sampai dengan 1 Agustus ini berjalan dengan baik”Ujarnya.

Di akhir kata, Ia menambahkan, “bagi adik-adik yang belum berkesempatan menang, sekiranya bisa terus belajar dan jangan patah semangat dan semoga acara perlombaan seperti ini tidak berhenti sampai disini, namun terus berlanjut. Baik dari pihak desa ataupun kelompok kkn selanjutnya. Bukan hanya untuk memperingati 1 Muharram, namun hari-hari besar lainnya pula,”Kata Rahmat.

Selanjutnya, mewakili kepala desa, Bapak Azwir, Sekretaris Desa Bukit Ranah mengatakan, “kami selaku perangkat desa dan banyak pihak lainnya sangat antusias dan bersemangat mengikuti lomba yang ditaja oleh kelompok KKN dari Universitas Riau di Desa Bukit Ranah ini. Kami juga menyampaikan rasa terima kasih telah diadakannya kegiatan perlombaan 1 Muharram ini,”Ujar Azwir.***



































































Redaksi Suara Aura
Redaksi suaraaura.com merupakan penulis dan kontributor resmi untuk media online milik PT Suara Aura Cemerlang

You may also like

Comments are closed.

More in Daerah