AdvetorialDaerahKab. Kampar

Terkait HLM, Pj Bupati Kampar Langsung Tindak Lanjuti Intruksi Gubernur Riau.

Bagikan :

Bangkinang Kota,(suaraaura.com) Sesuai arahan Pj Gubernur Riau pada High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Se-Provinsi Riau,Jumat (8/3/2024) lalu, Pj Bupati Kampar H Hambali SE MH langsung menindaklanjuti dan mempersiapkan serta mengantisipasi segala hal yang mengenai point-point dalam pengendalian inflasi menjelang bulan Ramadhan dan Idhul Fitri dengan melakukan berbagai langkah.

“Hari ini kita telah melakukan pasar murah di Desa Batu Belah hal ini bagian dari tindaklanjut dari Intruksi Pj Gubernur Riau dalam kita menekan kenaikan harga sembako di Kabupaten Kampar.”ujar Hambali

Pj Bupati Kampar juga menjelaskan bahwa sebenarnya Pemerintah Kabupaten Kampar sudah jauh-jauh hari melakukan berbagai kegiatan dalam rangka menekan angka Inflasi di Kabupaten Kampar.



Sebagai contoh Pj Bupati Kampar menyebutkan sudah melakukan operasi pasar (sidak pasar) diantaranya pasar Inpres Bangkinang Kota, pasar Danau Bingkuang, dan pasar-pasar tradisional yang terletak di kecamatan-kecamatan lainya serta melaksanakan pasar murah yang langsung dilaksanakan di wilayah yang terdampak kenaikan harga saat ini.

Bupati Kampar juga memaparkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas terkait terus meningkatkan sinergisitas dan berkolaborasi terkait pengendalian inflasi pada momentum menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2024.

“Untuk pengendalian inflasi yang khususnya dalam momentum menjelang bulan Ramadhan dan Idhul Fitri tahun 2024 karena kebutuhan pokok dan pangan pasti meningkat, maka ketersediaan pasokan harus dipersiapkan dan disediakan, namun kita selaku Pemerintah Daerah harus melakukan sesuatu untuk menekan harga kebutuhan pokok masyarakat”. Ujar Hambali

Pj Bupati Kampar menegaskan butuh sinergitas dan kolaborasi, semua stakeholder dalam mengantisipasi dan mempersiapkan ketersediaan bahan pokok dan pangan dengan sebaik-baiknya.

Hambali juga memaparkan kegiatan-kegiatan baik jangka panjang maupun jangka pendek dalam pengendalian Inflasi di Kabupaten Kampar yang sudah dilaksanakan di bulan Februari 2024 diantaranya melakukan gerakan penanaman cabai besar bersama kelompok tani Mulya Berkah Desa Ridan Permai Kecamatan Bangkinang Kota, melakukan sidak di pasar inpres Bangkinang Kota, melakukan Launching GPM, pasar tani dan Gerakan Tanam cabai/bawang merah bekerjasama dengan Provinsi Riau, melaksanakan gerakan tanam cabai oleh TP PKK Kabupaten Kampar.

“kemarin juga kita telah melakukan gerakan pasar murah di Desa Sipungguk Kecamatan Salo, dan hari ini kita juga melakukan pasar murah di Desa Batu Belah Kecamatan Kampar.”tutur Hambali

Pj Bupati Kampar juga memaparkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar juga melakukan rapat-rapat koordinasi terkait dengan Inflasi baik itu rapat High Level Meeting, rapat koordinasi dengan perusahaan migas di wilayah Kabupaten Kampar dalam upaya pengendalian inflasi dengan menggunakan dana CSR, serta rakor dan pembahasan rencana penggunaan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) dalam menghadapi inflasi.

Pj Bupati Kampar menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar terus berupaya melakukan berbagai kegiatan lainnya diantaranya melakukan monitoring perkembangan harga pangan dipasarkan dan melakukan sidak, melakukan operasi pasar dan gerakan pangan murah di desa/kelurahan bekerjasama dengan Perum Bulog, berkoodinasi dengan daerah penghasil pangan di Sumatera Barat, diantaranya Kabupaten Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Kota Bukittinggi, Tanah Datar dan Kabupaten Solok.

Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Kampar juga melakukan kerjasama antar daerah, baik itu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok melalui penandatanganan MoU dan Perjanjian kerjasama dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan.

Melaksanakan pencanangan gerakan menanam padi sawah dan cabai, dan mengoptimalkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan dan harga pangan.

“Kolaborasi antara Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian dan Peternakan, kita juga telah memberikan bantuan benih padi, sayuran, unggas dan sarana pendukungnya ke masyarakat/petani Dalam upaya peningkatan produksi di daerah.”ucap Hambali

Pj Bupati Kampar juga menyebutkan Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Sosial juga telah melakukan percepatan penyaluran Bantuan Pangan kepada keluarga penerima manfaat.

Hambali juga mengatakan bahwa Pemkab Kampar sudah melakukan percepatan realisasi program/kegiatan pada perangkat daerah yang terkait dengan pengendalian inflasi daerah seperti penyaluran bantuan sembako murah kepada masyarakat bekerjasama dengan perusahaan melalui CSR perusahaan serta persiapan rencana penggunaan Anggaran BTT dalam rangka pengendalian inflasi tahun 2024 bersama perangkat daerah lainnya.

Sebelumnya pada High Level Meeting Pengendalian Inflasi dan Menjaga Stabilitasi Pasokan dan Harga Pangan Dalam Menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan dan Idhul Fitri Tahun 2024 yang dipimpin Pj. Gubernur Riau Ir H SF Hariyanto MT mengintruksikan kepada seluruh Bupati/Walikota se-Provinsi Riau

di Balai Serindit Aula Gubernuran Jl. Diponegoro No.20 Pekanbaru kemaren meminta kepada TPID untuk memahami secara baik faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya inflasi di Riau dibandingkan inflasi nasional.(Advetorial)





































































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial