DaerahKab. Indragiri HuluNasionalPendidikanRiau

SMAN 2 Kelayang Lestarikan Budaya Kearifan Lokal “TABAK” Indragiri Hulu

Bagikan :

Kelayang, SuaraAura.com – Dalam rangka Pengembangan Projek Profil Pancasila, Para Tenaga Pendidik dan Siswa / Siswi SMA Negeri 2 Kelayang, memperkenalkan TABAK sebagai media dalam melestarikan kearifan Lokal budaya setempat ( Melayu ). Kegiatan dimulai dengan pemberian materi secara periodik selama empat kali pertemuan kepada peserta didik dan di akhiri dengan Panen Raya.

Seusai Kegiatan panen raya, (17/05/23) di Kelayang, dilangsungkan pula pawai keliling kampung, kegiatan ini langsung dipimpin Oleh kepala Sekolah SMA Negeri 2 Kelayang Bambang Fajrianto, S.Pd. Majelis Guru dan peserta didik yang terlibat langsung dalam kegiatan Kurikuler tersebut.

selaku koordinator acara Projek Profil Pancasila SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau Tahun Pelajaran 2022/2023

Mukti Andriadi, S.Pd menjelaskan bahwa, Kegiatan ini merupakan perwujudan pelajar Pancasila yang mampu berprilaku pada azas ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, berkebhinekaan, gotong royong, mandiri dan kreatif terhadap keberlangsungan hajat hidup peserta didik dan tumbuh kembangnya di tengah masyarakat itu sendiri. melalui pengenalan atas pelestarian kearifan lokal inilah Peserta didik dianggap perlu memahami akan pentingnya menjaga dan melestarikan nilai nilai Adat dan Budaya setempat. Selain itu program ini merupakan bentuk dukungan terhadap lahirnya kurikulum merdeka yang mana menekankan proses pembelajaran yang berpihak kepada siswa. Berkarakter dan bertumbuh.

Selaku panitia pelaksana, Arif Rijal, S.Pd & Yustuti, S.Sn M.Pd pun juga bersepakat kegiatan ini adalah jalan lurus untuk diperkenalkan keunikan budaya setempat terutama di sekolah dan di masyarakat.

Budaya Jemput Tabak merupakan budaya yang telah lama tumbuh dan subur secara turun temurun di desa Kota Medan Kecamatan Kelayang. Hal ini merupakan bentuk apresiasi dalam perhelatan Pesta Pernikahan, Khitanan, Turun Mandi dan Khatam Qur’an. Omak Bako merupakan orang yang memberi Tabak kepada Anak Bako yang tengah melangsungkan hajatnya. Ini merupakan bentuk kecintaan dalam berkeluarga sekaligus melestarikan adat.

Apresiasi yang setinggi – tingginya kepada Rekan -Rekan sejawat / bapak ibu guru yang telah membantu mensukseskan kegiatan ini. Semoga kelak kegiatan ini bisa dijadikan kegiatan kurikuler setiap tahunnya di SMA Negeri 2 Kelayang agar adat dan budaya luhur bisa terus berkembang hendaknya. pungkas Mukti.(***)



































































Redaksi Suara Aura
Redaksi suaraaura.com merupakan penulis dan kontributor resmi untuk media online milik PT Suara Aura Cemerlang

You may also like

Comments are closed.

More in Daerah