DaerahKab. Kampar

Sholat Idul Adha, Pj. Bupati Kampar : Berqurban Kita Tingkatkan Empati Kepada Kaum Dhuafa

Bagikan :

Bangkinang Kota,(suaraaura.com) Pada 10
Dzulhijjah 1444 H, Pemerintah Kabupaten Kampar beserta masyarakat laksanakan Sholat Isul Adha bersama di Mesjid Kebanggan Masyarakat Kabupaten Kampar Masjid Al-Ihsan Islamic Center Bangkinang , Kamis (29/6/2023).
Momentum Iedul Adha yang merupakan simbol dari Cinta, pengorbanan, kesabaran dan isriqomah menjadi pendorong untuk makin meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT. Pada kesempatan tersebut Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE.MM juga berkesempatan menyerahkan secara simbolis sebanyak 31 ekor hewan Qurban dari ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar Kepada pengurus masjid dan panitia qurban yang didampingi oleh Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kampar drg Yusi Prastiningsih, Pj Sekda Kampar Ramlah S.E M.Si dan beberapa Kepala OPD dilingkungan Pemerintah kabupaten kampar.

Pj. Bupati Kampar Mhd Firdaus, SE,MM ikuti Sholat Idul Adha 1444 H bersama dengan Forkopimda Kabupaten Kampar, Pj. Sekda Kampar Ramlah, SE, MSi, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar dan seluruh elemen masyarakat. Pada Sholat Idul Adha 1444 H ini diimami langsung oleh imam rutin Mesjid Al Ihsan Markaz Islamic Center Bangkinang Kota Ustad Ahmad Syakir, Msi dan Khatib oleh Dr. H. Ahmad Ghazali Syafi’i yang juga merupakan salah seorang Dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Susqa Riau.

Sebelum Sholat Idul Adha dilaksanakan Pj. Bupati Kampar berkenan memberikan sambutan dihadapan para jamaah Sholat Ied. Dalam mengawali sambutannya Pj. Bupati Kampar ucapkan Selamat hari Idul Adha 1444 H.



“Dalam suasana Hari Raya Qurban atau Idul Adha yang merupakan hari besar kita umat islam, mari kita hayati kembali makna dan pesan penting dari berkorban, baik sebagai ibadullah (hamba Allah) mupun sebagai khalifatullah fil ardhi (khalifah di bumi)” demikian disampaikan Firdaus.

Kemudian Firdaus menambahkan “Momentum Idul Adha juga benar-benar mampu mengantarkan tatanan kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai agama, akhlak mulia, kebersamaan dan kasih sayang dan terus saling peduli demi terciptanya tatanan masyarakat yang berharkat dan bermartabat, sejahtera dan berkeadaban.
Makna ini mengisyaratkan bahwa setiap muslim yang merayakan Idul Adha atau yang kita sebut juga dengan Hari Raya Qurban sebenarnya dia sedang merayakan kesucian rohaninya dan menikmati sikap keberagamaan yang benar dan tetap terpelihara serta terus bersemi, hendaknya kita mengacu pada pola kehidupan yang Islami. Yaitu, pola kehidupan yang bernafaskan nilai-nilai spiritualitas dan akhlak mulia, tingkatkan ukhuwah islamiyah agar diri menjadi bersih”

Sambutan Pj. Bupati Kampar juga sampaikan bahwa dengan berqurban kita telah ikut menjalankan ajaran agama berupa berbagi dan empati kepada sesama terutama pada kaum Dhuafa, dengan berqurban kita memupuk rasa iman kepada Allah SWT dan meningkatkan Ukhuwah Islamiya yang lebih baik. Sehingga mampu menjadi pemilik agama yang benar, hanifiyyah wa al-samhah yang santun, toleran, dan penuh kasih sayang kepada sesama serta selalu menghiasi diri dengan sifat dan akhlak yang terpuji dan mulia.

Pj. Bupati Kampar bersama jemaah lainnya langsung ikuti Sholat Ied, dan kemudian mendengarkan Khutbah yang disampaikan oleh Khatib. Melanjutkan rangkaian kegiatan Idul Adha 1444 H, Pj. Bupati Kampar langsung menuju tempat atau lokasi penyembelihan Hewan Qurban di Mesjid Islamic Center dan Mesjid Ar Rahman di Lingkungan Balai Bupati Kampar yang diteruskan dengan Open House Idul Adha 1444 H di Balai Bupati Kampar. (Advetorial).





































































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah