DaerahKab. Kampar

Secara Resmi, Pj Bupati Kampar Ground Breaking Kebun Raya Universitas Pahlawan.

Bagikan :

Bangkinang Kota,(suaraaura.com) – Dengan dimulainya Pengembangan Kebun Raya Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangking, Senin pagi (9/10/3023).

Maka secara resmi Pj Bupati Kampar H Mhd Firdaus,SE,MM lakukan Ground Breaking Kebun Raya Hortus Botanicus Universitas Pahlawan.

Dalam Ground Breaking kebun raya tersebut, Pj Bupati Kampar dalam memulai pengembangan kebun raya tersebut secara simbolis melalukan penananam pohon buah langka di areal kebun raya Universitas Pahlawan.



Dalam arahannya, Pj Bupati kampar mrenyampaikan bahwa pemanasan Global saat ini sudah menjadi isu nasional. Dengan demikian, ini sudah sejalan apa yang dilakukan UP dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (Brin) dalam pengembangan sebuah kebun raya.

Harus kita ketahui, bahwa banyak fungsi dari kebun raya seperti Konservasi, Riset, Wisata, Kewirausahaan, Ekosisten, Ekowisata, serta Sosial Ekonomi masyarakat umum dan UMKM.

Untuk itu, dengan adanya kebun raya ini, Pj Bupati berharap khusus kepada mahasiswa serta masyarakat umum untuk memanfaatkan kebun raya ini sebaik mungkin, baik untuk penelitian, belajar maupun wisata.

Selain itu, dengan berkembangnya kebun raya ini nanti. Semoga ini nantinya juga bisa menjadi daya tarik untuk belajar, dan penelitian oleh orang lain.’ucap Firdaus”.

Sementara itu Rektor UP Pahlawan Tuanku Tambusai Prof Dr Amir Lutfhi, beliau menyampaikan bahwa sebelum Ground Vreaking Kebun Raya ini, UP dengan Brin telah melakukan penelitian dan MoU dalam rangka tidak lanjut pengembangan kebun raya Univeritas Pahlawan.

Sedangkan Direktur Kemitraan Riset dan Inovasi BRIN Dr Muhammad Amin dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa sejauhh ini baru Empat kebun raya yang dikelola Universitas di Indonesia. Dari empat tersebut, baru satu yang di Laounching yakni Universitas di Lanpung.

Dengan demikian apabila Universitas Pahlawan siap melakukan pengembangan kebun raya ini dengan cepat, maka Kebun Raya Universitas Pahlawan merupakan Universitas yang mengelola kebun raya ke dua di Indonesia.”ujar Amin”.

Selanjutnya, dengan adanya kerjasama dan kesepahaman dalam hal ini. Maka kedepan Brint sendiri akan siap selalu membantu pengembangan kebun raya Universitas Pahlawan dalam pengembanhan dan menjalankan fungsinya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Gubernur Riau yang diwakili PTPH Riau Ir Syahfahlefi,M.Si, Wakil Ketua DPRD Kampar Fahmil,SE,ME, Biro Hukum Brin, Yanti Permarasiari, Biro Kerjasama Penisiana Kera’ah, dan Plt Kadis DLH Kampar Yuricho Efril,S.STP. (Infotorial).





































































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah