DaerahKab. Kampar

Saweran, Tradisi Pelepasan Siswa SMP Negeri 1 Salo

Bagikan :

Salo (suaraaura.com) – Ada yang menarik dari acara pelepasan murid kelas IX UPT SMP Negeri 1 Salo. Sejak beberapa tahun terakhir saweran menjadi tradisi dalam acara perpisahan/pelepasan murid kelas IX di sekolah tersebut.

Seperti pada acara perpisahan siswa kelas IX, Kamis (30/5/2024) yang dihadiri Kepala Koorwil Disdikpora Kecamatan Salo Hj Jasniwati, beberapa Kepala SD, Kepala MTs Darul Falah Salo Yulisman MPd, ketua Komite Ibrahim, Kepala SMA Negeri 1 Salo Efridanur MPd dan para undangan serta orangtua wali murid lainnya. Banyak hal yang menarik pada acara tersebut. Misalnya ibu-ibu guru ikut ambil bagian menampilkan kebolehannya menari didepan para tamu undangan.

Biasanya dalam acara-acara perpisahan murid sekolah, yang selalu tampil adalah anak-anak siswa, tapi di UPT SMP Negeri 1 Salo malah ibu-ibu gurunya tak mau tinggal diam. Mereka bukan sekedar pandai mengajar didepan kelas, tapi juga ikut tampil mempraktekkan kebolehannya didepan para tamu undangan yang hadir.



Selang beberapa menit, muncul saweran dari tamu yang hadir termasuk juga kepala sekolah, mereka menari-narikan uang saweran lima puluh ribu, dua puluh ribu dan sebagainya.
Para tamu undangan merasa tersugesti dengan penampilan ibu-ibu guru tersebut. Mereka banyak yang terkesima sambil memberikan pujian dan motivasi. Hampir semua penampilan anak-anak seperti tarian, atau tahfiz qur’an semuanya mendapat saweran dari hadirin dan tamu undangan. Ada yang seratus ribu, lima puluh ribu, dua puluh ribu, sepuluh ribu dan lima ribuan, bahkan ada yang pecahan dua ribuan. Yang lucunya, ada juga nenek-nenek ikut berjoget ria membaur dengan penari anak-anak siswa lainnya. Sehingga membuat tamu undangan ketawa terpingkal-pingkal.

Kepala UPT SMP Negeri 1 Salo H Mahyuddin MPd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada ketua panitia penyelenggara Ibu Fahni Malina dan stake holder lainnya yang sudah bekerja keras mempersiapkan segala sesuatunya untuk kelancaran acara. “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada ibu koorwil dan ketua komite sekolah yang sudah menghadiri acara ini, termasuk para tamu undangan,” ujarnya. (***)





































































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah