DaerahNasionalRiau

RAPP Gelar Pekan Seni Budaya Riau Kompleks 2023

Bagikan :

Warga Riau Kompleks di lingkungan perusahaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) beramai-ramai mengunjungi perhelatan akbar Pekan Seni dan Budaya (PSB) Riau Kompleks 2023 yang kembali digelar pada 20 -26 Agustus 2023 di Lapangan Merdeka, Town Site 1 Riau Kompleks, Pangkalan Kerinci, Riau.

PSB merupakan agenda tahunan paguyuban Riau Kompleks yang menampilkan kekayaan budaya, keindahan seni serta beragam kuliner tradisional nusantara, diselenggarakan selama sepekan penuh oleh 11 paguyuban yang bergantian menjadi panitia pelaksana. PSB dilaksanakan untuk merayakan keberagaman suku bangsa, mempererat persatuan dan kekeluargaan diantara sesama karyawan. PSB merupakan representasi dari Taman Mini Indonesia Indah di Riau Kompleks. Acara yang ditampilkan beragam, mulai dari pawai budaya, pameran stand budaya, penampilan seni hingga pameran makanan tradisional.

PSB Riau Kompleks 2023 mengangkat tema “kita Indonesia, berbudaya, berbhineka dan Bersatu”. Paguyuban Ikatan Keluarga Nias (IKN) menjadi panitia pelaksana PSB 2023, acara terlihat semarak dan meriah. Setiap paguyuban mengerahkan kreativitas seni dan penampilan terbaik mereka sehingga mampu memukau pengunjung dengan penampilan dari paguyuban yang menampillan ciri khas budaya masing-masing.



Menariknya lagi, setiap peserta yang tampil merupakan karyawan dan keluarganya. Mereka yang sehari-hari bekerja di mill sebagai teknisi atau forester bisa tampil berbeda di atas panggung memerankan tokoh tradisional dari daerah asalnya. Walau hujan sempat mengguyur pelepasan peserta pawai budaya, namun semangat peserta pawai tidak surut hingga acara selesai.

Menurut Mill and Operational Support Director, Muhammad Ali Shabri Nasution, ada yang berbeda pada pelaksanaan PSB tahun ini. Ali Shabri menilai setiap paguyuban sanagt bersemangat dan menampilkan sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya.

“Saya menilai penampilan pada saat pawai, penampilan seni hingga stand PSB tahun ini sangat bagus, peserta menunjukkan loyalitas dan penjiwaan tinngi terhadap budaya. Salah satu yang menonjol di Riau Kompleks adalah Harmonisnya kehidupan masyarakat Riau Kompleks, dan itu susah ditemukan di tempat lain,” ungkap Ali Shabri.

Pengunjung tumpah ruah memadati Lapangan Merdeka setiap harinya agar bisa menikmati keberagaman budaya nusantara sekaligus wisata kuliner di berbagai stand makanan yang ada di PSB 2023.

Bupati Pelalawan H. Zukri bersama Forkopimda Pelalawan dan pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Pelalawan berkesempatan membuka iven ini secara resmi. Bupati Zukri mengapresiasi pelaksanaan pasar rakyat ala RAPP ini yang bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-78.

“Saya begitu terkesan dengan Pekan Seni Budaya Riau Kompleks ini, antar paguyuban saling kompak. Apalagi pelaksanaannya masih dalam suasana HUT Republik Indonesia Merdeka. Cara kita mensyukuri kemerdekaan adalah dengan merawat persatuan negeri ini,” ucap Zukri.

Sementara itu COO RAPP, Eduward Ginting dalam sambutannya mengatakan bahwa Riau Kompleks merupakan suatu kapal yang besar. Kapal yang berisi keberagaman adat dan budaya yang berbeda namun tetap satu. Persatuan itu membuat paguyuban yang ada di Riau Kompleks menjadi kuat dalam menjalankan roda usaha Royal Golden Eagle (RGE).

“Selain itu kita juga memiliki karyawan expatriat yang juga memiliki budaya yang indah dari negara asalnya, bersama-sama kita membangun Riau Kompleks. Malam PSB ini adalah malam kebersamaan antar paguyuban, antar warga Riau Kompleks. Harapan kita adalah untuk memberikan yang terbaik bagi Riau Kompleks,” ujar Eduwad Ginting.

Dhea Maharani, mahasiswi semester 7 Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau (UIR) yang sedang menjalani program magang di RAPP merasa takjub kekompakan dan totalitas karyawan pada pelaksanaan PSB 2023.

“Wah seru sekali PSB di Riau Kompleks, baru kali ini saya melihat karyawan tidak hanya profesional dalam pekerjaan mereka tapi juga bisa tampil maksimal di atas panggung,” ujar Dhea yang sedang menjalani magang di departemen Corporate Communication.

Paguyuban Tunggal Warga (Punggawa) berhasil keluar sebagai juara umum di PSB tahun 2023 setelah keluar sebagai juara 1 pawai budaya, juara 1 stand dan juara 3 pentas seni budaya.

11 paguyuban yang berada di lingkungan perusahaan RAPP adalah; Ikatan Melayu Riau (IKMR), PERMASA (Persatuan Masyarakat Aceh), Himpunan Keluarga Muslim Asal Tapanuli (HIKMAT), Ikatan Karyawan Batak Toba (IKABA), Margasilima, Ikatan Minang Riau Kompleks (IKM-RK), Ikatan Keluarga Nias (IKN), Ikatan Keluarga Asal Sumatera Selatan (IKAS), Pandan Wangi (Asal Pasundan, Jawa Barat), Pagayuban Tunggal Warga (PUNGGAWA) dan Ikatan Keluarga Tionghoa (IKT).(***)





































































Redaksi Suara Aura
Redaksi suaraaura.com merupakan penulis dan kontributor resmi untuk media online milik PT Suara Aura Cemerlang

You may also like

Comments are closed.

More in Daerah