DaerahEkonomiOpini & ArtikelRiau

PT RAPP Umumkan Pemenang Anugerah Jurnalistik APRIL-APR 2022

Bagikan :

PEKANBARU, SuaraAura.com – Anugerah Jurnalistik APRIL-APR tahun 2022 akhirnya sukses digelar. PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) sebagai pelaksana mengumumkan lima pemenang dari 10 finalis yang karyanya terpilih oleh dewan juri.

Adapun pemenang Anugerah Jurnalistik APRIL-APR tahun 2022 dengan tema “Membangun Masa Depan Berkelanjutan melalui Konservasi dan Kemitraan”, adalah :
1. Andy Indrayanto (Halloriau.com)
2. Yusni Fatimah (Cakaplah.com)
3. Fithriady Syam (SKM Genta)
4. Didik Purwanto (Riauterkini.com)
5. Buddy Syafwan (Riausky.com)

Sementara lima finalis lainnya adalah Ahmad Yuliar (Menitriau.com), Devi Mewani (Riau24.com), Helfizon Assyafei (Riaupos.co), Henny Elyati (Riaupos.co), dan Riski Apdali (Segmennews.com)



“Mewakili manajemen dan Direksi PT RAPP (APRIL Group), RER, dan APR, saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para finalis 10 besar dan seluruh peserta lomba karya tulis yang telah melahirkan karya-karya jurnalistik terbaiknya mengenai kontribusi grup APRIL dengan program RER, dalam membangun masa depan berkelanjutan melalui konservasi dan kemitraan,” ujar Mulia Nauli.

Menurutnya dalam Anugerah Jurnalistik APRIL-APR tahun 2022 ini sengaja memilih tema yang berkaitan dengan pilar lanskap yang berkembang. Di mana APRIL-APR melalui program Restorasi Ekosistem Riau (RER) berkomitmen memulihkan ekosistem gambut di Semenanjung Kampar yang mendukung target net sink pemerintah Indonesia sektor kehutanan dan area penggunaan lahan lainnya atau FOLU Net Sink 2030 serta sejalan dengan program Riau Hijau Pemerintah Provinsi Riau.

“Kami berupaya untuk mewujudkan komitmen tersebut dengan mengambil serangkaian inisiatif seperti implementasi komitmen 1 banding 1 untuk melestarikan satu hektar lahan konservasi untuk setiap satu hektar hutan tanaman, menerapkan pendekatan model produksi-proteksi untuk mencegah net zero loss di kawasan yang dilindungi, dan tentu saja membangun kemitraan untuk melindungi dan mengelola hutan bersama masyarakat,” paparnya.

“Semoga apa yang kita cita-citakan bersama dapat terwujud dan kehadiran APRIL maupun APR semakin dirasakan membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Deputy Head of Communications PT RAPP Disra Alldrick mengatakan Anugerah Jurnalistik APRIL-APR 2022 ini merupakan yang kedua kalinya digelar sejak 2021 lalu.

Sebagaimana diketahui, kata Alldrick, seiring dengan pertumbuhan media yang sangat pesat khususnya di Riau, sudah semestinya dibarengi dengan peningkatan kualitas jurnalis.

“Kami berharap melalui program Anugerah Jurnalistik APRIL-APR ini bisa menjadi salah satu motivasi dan solusi untuk turut berkontribusi dalam upaya peningkatan kapasitas jurnalis di Riau,” tambahnya.

Terlebih, dukungan jurnalis dan media melalui karya jurnalistik yang bersifat konstruktif, edukatif, dan proporsional, sangat penting dalam upaya menyampaikan pesan kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat.

“Semoga karya para finalis bisa bermanfaat sebagai bentuk informasi dan sarana menyampaikan pesan akan pentingnya restorasi hutan, konservasi, dan kemitraan bersama seluruh pihak demi keberlangsungan alam dan bumi kita,” tutupnya.

Para pemenang berhak atas hadiah uang tunai dan hadiah menarik lainnya. Menariknya, bagi pemenang I dan II pada Anugerah Jurnalistik APRIL-APR tahun 2022 ini akan berkesempatan untuk berkunjung dan menginap di fasilitas Eco-Research Camp di area Restorasi Ekosistem Riau (RER), sebuah pusat penelitian lahan gambut bagi para pemangku kepentingan mengenai upaya potensial dalam mengelola sumber daya lahan gambut tropis Indonesia secara bertanggung jawab.

Acara pengumuman pemenang berlangsung meriah dan penuh antusias dari peserta. Turut hadir dalam acara lomba tahunan bergengsi ini Conservation Head Riaufiber Inra Gunawan, Stakeholder Relations (SHR) Manager Wijatmoko Rah Trisno, Communications Manager RER Junior Norris Marpaung, para Pemimpin Redaksi media dan perwakilan organisasi wartawan di Riau.(***)



































































Redaksi Suara Aura
Redaksi suaraaura.com merupakan penulis dan kontributor resmi untuk media online milik PT Suara Aura Cemerlang

You may also like

Comments are closed.

More in Daerah