DaerahKab. Kampar

Pj Bupati Kampar Rapat Bersama Forkopimda Bahas Lima Isu Terkini Kampar

Bagikan :

Bangkinang Kota, Suaraaura.com : terkait dengan isu terkini yang dihadapi maupun yang akan di lakukan pemerintah Kabupaten Kampar Pj Bupati Kampar Mhd Firdaus SE.MM menggelar Rapat koordinasi (Rakor), diharapkan dapat menghasilkan solusi serta menetapkan keputusan dan kebijakan yang tepat, pada kesempatan tersebut Pj Bupati Kampar Mhd Firdaus SE.MM memimpin Rapat Koordinasi diadakan di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Kampar di Bangkinang, Selasa, 20/06.
Selain Forkopimda juga di hadiri instansi vertikal diantaranya, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kampar Fuadi Ahmad, S. Ag. M. Sy, Kepala Badan Pertanahan Kabupaten Kampar Dedi Kusnadi , Mewakili Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kampar Sardalis, Lembaga Pemasyarakatan Bangkinang serta dihadiri juga oleh Staf Ahli Bupati Kampar, Para Kepala OPD di lingkup Pemkab Kampar dan Camat terkait.

Diawali pembukaan rapat yang Disampaikan oleh Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kampar Mahadi, Ada lima isu penting dan terkini yang menjadi topik pembahasannya yakni, sengketa lahan Surianto Wijaya atau Ayau, pembangunan Bangkinang Riverside atau WFC, jelang Pemilu dan pemilihan serentak, Menghadapi Iedul Adha dan masih banyaknya terjadi kebakaran lahan, hutan dan perkebunan akhir – akhir ini.

Pj Bupati Kampar Mhd Firdaus SE.MM dalam arahannya menyampikan bahwa pada pagi hari ini menajdi berkah bagi kita semua, karena Forkopinda Kampar berkumpul di Ruang yang berbahagia ini, kami tentunya disini akan meminta pendapat dan pandangan dari seluruh Forkopimda Kampar kondisi yang kita bahas ini.

Ada lima isu yang kita bahas pada hari ini, sehingga ini dapat kita eleminir dampaknya ke Masyarakat.

Kami juga telah menginventarisir terkait berbagi Permaslahan ini dan kita melibatkan Forkopimda, Camat, Kepala Desa dan tokoh masyarakat” Kata Muhammad Firdaus.

Dikatakan Pj Bupati Kampar Terkait Ayau kita Terakhir sudah lakukan mediasi dan kita telah dalami terhadap HGU 1500 ha di Kecamatan Siak Hulu, yang berada di kawasan hutan, Dengan demikian Izin tidak dapat keluar, maupun tidak menunaikan kewajiban, maka kita telah menyepakati penghentian operasional perkebunan Ayau, Permaslahan perusahaan ini telah berlangsung lama, dan kita telah ambil tindakan nyata dan tegas dengan status quo dan telah memasang pasang Police Line” Kata Mhd Firdaus.

Begitu juga dengan Agenda Nasional Pemilu yang wajib kita Sukseskan, sehingga ini dapat berjalan sampai pada penetapan baik Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten maupun Pemilihan Presiden ” Kata Muhammad Firdaus.

Hal yang tak kalah penting kita waspadaii adalah Kebakaran lahan, mengingat kondisi alam yang berpotensi panas ekstrem sehingga mudah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, semua kita harus waspada ” Ingat Firdaus lagi.

Terkait dengan Bangkinang Riverside atau Water Front City secara bertahap kita bangun, dan kemarin PHR telah berkomitmen untuk memulai pembangunan wisata tepian sungai kampar tersebut, secara bertahap kita akan Bangun secara menyeluruh dengan melibatkan pihak swasta dan pengusaha ” Kata Pj Bupati Kampar.

Begitu juga dengan hari Raya Iedul Adha 1444 H, yang sebentar lagi kita lalui agar dapat kita jalani ibadah dan jangan ada kesalahfahaman terutama terhadap penetapan hari Raya, jaga kerukunan hidup beragama di Kampar Negeri Serambi Mekkah Riau ini, hal yang menjadi perhatian kita adalah mengantisipasi terhadap hewan qurban terhadap adanya gejala virus – virus terutama Penyakit Mulut dan Kuku ” Kata Firdaus.

Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh Forkopimda Kampar yang telah memberikan pandangan dan pendapat terkait lima Isu yang segera harus kita lakukan tindakan, kita akan laksanakan apa yang telah menjadi keputusan kita pada hari ini.

Semua ini Untuk kebaikan bagi keberlangsungan kehidupan sosial, budaya dan kemasyarakatan disamping investasi yang juga kita butuhkan, namun tetap sesuai dengan Aturan yang berlaku di Negera Republik Indonesia ini,” Kata Mhd Firdaus.

Akhirnya kita mendapatkan hasil dimana masyarakat aman dan nyaman dalam melaksnakan aktifitas begitu juga dengan perusahaan” Kata Pj Bupati Kampar Mhd Firdaus.

Sementara itu Kapolres Kampar AKBP Didik Priyo Sambodo, S.I.K dalam arahan ia menyampikan telah berkali kita lakukan negosiasi dan mediasi namun belum ada titik temu akhirnya kita lakukan tindakan tegas,

Keduanya menyalahi dan melawan hukum maka upaya upaya hukum yang kita lakukan, setelah kita lakukan pendalaman dan pelajari terkait Permaslahan. Kita menginginkan kedua belah pihak damai, reda dan akan memberikan keuntungan. Semoga kita dapat mengambil keputusan yang benar dan tepat” Tutup Prio Sambodo.

Sedangkan Kajari Kampar Sapta Putra, SH, M. Hum menyatakan Kami melihat dari sudut Hukum bahwa sengketa lahan telah berlarut – larut, terkait keputusan Mahkamah Agung harus kita baca dan teliti sebaik mungkin, karena jika kita mengambil tindakan, menetapkan yang salah maka ini akan juga berakhir salah, kita bertindak berdasar hukum, tidak dapat kita lakukan dengan represif dan keras, namun jika sudah anarkis hal ini tidak dapat kita hindari, kami minta ini semua harus Melalui prosedur dan aturan ” kata Sapta Putra

Sementara itu Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal,ST menyampaikan bahwa kita bersyukur dapat bertemu dan ini Perdana kita lakukan, pertemuan ini sangat memberikan arti bagi masyarakat.

Masalah lahan bukan saja terkait Ayau tapi masih banyak Permaslahan yang sama terjadi, oleh sebab itu seluruh Permaslahan ini harus di Invnetarisir, Terkait Ayau ini sudah kita lakukan tindakan keras, namun hilang berlalu begitu saja, mari kita berniat baik, karena ini menyangkut dengan masyarakat banyak, jangan tutup mata ” Kata Faisal.

Investasi terbuka bagi Kampar, namun tetap sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku” Pinta Faisal.

Ketua Pengadilan Agama Kampar Nongliasma, S. Ag, MH Kampar dalam pandangan menyampaikan ada beberapa point yang kita tangkap yakni Permaslahan ini sudah lama dan sudah ada hasil hukum yang inkrah, maka ini hasil hukum untuk di eksekusi ” Kata Nongliasma.

Diakhir pertemuan Pj Bupati Kampar menyatakan terimakasih dan seluruh hasil pertemuan ini dapat segera tindak lanjuti oleh instansi terkait baik dari unsur Forkopimda, Instansi Vertikal maupun OPD agar kita semua dapat bersatu padu untuk menciptakan kondisi yang aman, nyaman dan kondusif.

Dengan demikian Kampar dapat kita wujudkan Kampar yang makin maju, sejahtera, aman dan nyaman”, jelas Mhd Firdaus. (Advetorial)



































































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah