AdvetorialDaerahKab. Kampar

Pj Bupati Kampar ; Kampar Komitmen Dan Bertekad Jadi Kabupaten Sehat, OPD Lengkapi Dokumen

Bagikan :

Bangkinang Kota, Suaraaura.com – Dalam menuju penghargaan Kabupaten/Kota Sehat, Pemerintah Daerah Kabupaen Kampar telah melakukan Verifikasi Lanjutan Kabupaten/Kota tahun 2022 bersama tim Verifikator pusat, senin (17/7/3023).

Dilakukan secara Virtual, Pj Bupati Kampar Mhd Firdaus,SE,MM karena ada agenda Rakor dengan Kemendagri. Maka, Verifikasi tersebut diikuti beliau secara Zoom dari Jakarta.

Dengan tidak mengurasi rasa hormat, Tim KKS kabupaten kampar bersama OPD terkait juga langsung mengikuti secara Zoom di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar Bangkinang, serta ketua Forum KKS Kampar drg. Yusi Prastiningsih,MM.



Sebagai pembuka, Pj Bupati kampar menyampaikan bahwa kampar merupakan Kota Serambi Mekah, berarti kebersihan adalah bagian dari iman. Kampar sendiri memilikii 21 Kecamatan dan 250 desa/keluraha, dengan luas 207,68 ha.

Dalam pengolahan sampah sendiri, kampar saat ini telah melaksanakan di wilayah Perkotaan dalam pengurangan sampah 0,3%, penanganan sampah 4,9%, sampah tidak terkelolah 15,7%. sementara wilayah pedesaan pengurangan sampah 0,0%, Penanganan sampah 4,7% dan sampah tidak terkelolah 74,4% dengan total 100%

Selanjutnya, terkait dengan penilaian terhadap 9 tatanan dan 150 Indikator oleh tim verifikator pusat, pada kesempatan tersebut secra singkat Pj Bupati kampar menjelaskan langsung kepada tim verifikasi pusat dan provinsi bahwa dari 9 tatanan target kita semua 72%.

Diakui dlalam tatanan hanya sedikit yang belum tercapai, yakni Tatanan Kebersihan masyarajat sehat mandiri dengan taget 72% baru tercapai 66%, Pemukiman dan pasilitas umum 58,62%, Satuan Pendidikan sebesar 66%, Pasar rakyat sehat sebesar 52,18%, Pariwisata sebesar 50%, Transportasi dan tertib lalu lintas jalan 64%, Perkantoran dan perindustrian 53,57%, Perlindungan sosial 95,58%, serta Pencegahan dan Penanganan bencana tercapai sebesar 54%

Sebagai bentuk Komitmen lain, Pemkab Kampar terkait Kabupaten/Kota Sehat ini telah menitipkan anggaran di DPD Diskes Kamapr, sementara untuk memenuhi tatanan sudah dianggarakan disetia OPD tahun 2022 sebesar lebih kurang Rp 82,107 milyar, dan tahun 2023 Rp 75,313 miliar.

Terkait dengan hasil asesmen sementara verifikasi lanjutan KKS kabupaten kampar, kami berkomit akan memenuhi segala lekurangan baik dari hasilasesmen mauoun haisl verifikasi lanjutan hari ini.

Dari segi administrasi dan dokumentasi, untuk semua kegiatan tertuang pada RPJMD dan mempunyai pengalokasian anggaran untuk memenuhi tatanan kuususnya tahun 2024.

Terakhir, dalam dengan kekurangan sedikit tersebut. Pj menekankan kepada tim agar melengkapi secepat mungkin mulai dari siang ini.

Hal senada juga disampaikan ketua Forum KKS Kampar drg. Yusi Prastiningsih,MM, selaku ketua Forum bersama tim dalam dua hari kedepam semua dokumen yang kurang akan segera dilengkapi. Guna mendongkak nilai tatanan yang masih dibawah target.

Sementara itu Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS yang membuka secara resmi kegiatam tersebut, menyampaikan apresiasi seluruh Bupati/Walikota dan komponen masyarakat dalam penyelenggraan KKS.

Dalam hasil verikafikasi, terus berikan dokumen yang baik, serta penjelaskan dengan baik sesuai dengan data yang falid, dan berapa hasilnya agar dapat diterima lapang dada.

Sementara itu drg. Yusi Prastiningsih,MM, selaku ketua Forum, memberikan tanggapan bahwa bersama tim dalam dua hari kedepam semua dokumen yang kurang akan segera dilengkapi.

Hal ini wajib kita lakukan, guna mendongkrak nilai tatanan yang masih dibawah target. Apalagi untuk mencapai Penghargaan Kampar, Kabupaten Sehat.”ucap Yusi”.(Advetorial).



































































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial