DaerahKab. Kampar

Perjuangkan Infrastruktur Desa Balung, Sekda Kampar Bersama Anggota DPRD Riau Kunjungi Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumbar.

Bagikan :

Padang, Suaraaura.com – Berada Didaerah Perbatasan dan Hanya Memiliki Satu – satunya Akses Keluar dan Masuk Melewati Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat, Desa Balung Kecamatan XIII Koto Kampar sampai saat ini masih berada dalam Keterisoliran. Sulitnya Infrastruktur dan Kondisi Status Lahan tetap menjadikan Desa Balung Desa yang sangat tertinggal, Pemkab Kampar telah membangun Jembatan Gantung dengan panjang 100 M namun belum bisa membawa Hasil Produksi Masyarakat ke luar karena Keterbatasan Jembatan dan sulitnya kondisi jalan masuk dan keluar Desa Balung.

Kunjungan ini merupakan hasil diskusi dengan Anggota DPR RI Syahrul Aidi Ma’azat, Gubernur Riau dan Pemkab Kampar terkait dengan Solusi yang harus dilakukan.  Alhamdulilah hari ini Rabu, 20/07/2022 Bertempat di Kantor Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Barat bersama dengan Anggota DPRD Provinsi Riau dari Komisi V diantaranya Adam Safaat, Manahara Napitupulu, Ardiansyah serta OPD Pemkab Kampar melakukan Rapat Koordinasi sekaligus meminta agar Balai Jalan Nasional Sumatera Barat untuk mencarikan Solusi.

Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM melalui Sekda Kampar Drs. Yusri, M.Si Menyatakan terimakasih kami telah diterima atas Kunjungan ini” Kata Yusri yang didampingi oleh  Asisten II Suhermi, Asisten Pemerintahan Ahmad Yuzar, Asisten III Administrasi Umum Azwan, M.Si , Kepala Dinas Pariwisata Kampar Zulia Dharma, Kepala Dinas PUPR yang Diwakili Kabid Jalan dan Jembatan PUPR Kampar, Kabag Kerja Sama Setda Kampar Zaki Rahman, Kepala Desa Muhammad Ujud , Ketua BPD Siirman, Tokoh Masyarakat Muhammad Bakar, Direktur Bumdes Doni Fasla, Kaur Perencanaan Deded Andri, Tokoh Masyarakat Herman.



Dikatakan Yusri Balung memiliki potensi yang besar serta Destinasi Pariwisata yang merupakan Destinasi Wisata terbaik di Indonesia. Selain itu

Kami sangat Bersyukur kepada Kepala Balai yang telah melakukan Pengkajian dan Menyerahkan ke Kementerian PUPR, semoga ini dapat kita kawal sehingga segera pula dapat Direalisasikan ” Kata Yusri.

Dikatakan Yusri, Mungkin Kepala Balai kaget kenapa kami sampai disini, Desa Balung  perlu Perhatian dari Kedua Provinsi Riau dan Sumbar serta Perhatian dari Pusat, karena ini telah kami Jajaki antara Dua Kabupaten namun Pembangunan terutama Jembatan dan Jalan belum dapat Terealisasi hingga saat ini.

Ada 24 Desa Tertintinggal di Kampar, 23 ada di Kawasan Kampar Kiri Hulu dan Kampar Kiri karena berada di hutan Lindung, dan 1 ada di Kecamatan XIII Koto Kampar yakni Desa Balung yang berbatasan dengan LIma Puluh Kota Sumatera Barat.

Mohon bantuan bapak Kepala Balai serta Dukungan Anggota Provinsi Riau untuk dapat Membangun Jembatan yang sangat fatal ini yang hanya berjarak 25 Meter  dari Jalan Raya Sumbar Riau tersebut ” Tutup Yusri.

Sementara itu Ardiansyah Anggota DPRD Riau Dapil Kampar menyatakan ada sebanyak 2000 Jiwa atau sekitar 700 KK di Desa Balung yang belum meraskan Kemerdekaan, Harapan dan Cita – cita ingin menikmati Pembangunan terutama Infrastruktur ” Kata Ardiansyah.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Barat Syahputra A. Gani  Didampingi oleh Kasi Pembangunan Wendray, ST, MT, Kasubbag TU Arief, S.Kom. Menyatakan  bahwa kami telah melakukan Telaah dan Pengkajian terhadap Kondisi Desa Balung dan telah di Usulkan ke Kementerian PUPR RI di Jakarta, oleh sebab itu Pemkab Kampar dan DPRD Provinsi Riau juga dapat melakukan hal serupa dengan Pengusulan ke Kementerian PUPR ” Kata Syahputra A Gani.

Sejujurnya kami agak bingung karena yang datang ke kami bukan dari Sumbar tapi dari Kabupaten Kampar Provinsi Riau, tapi ini pasti ada kepentingan yang sangat urgen” Kata Gani

Kami sudah berbicara dengan Bapak Syahtul Aidi Ma’azat, sebetulnya Desa Balung Kabupaten Kampar punya potensi besar Alhamdulillah dengan dengan Putra Daerah yang sangat peduli akan Kabupaten Kampar.

Dengan adanya Bapak Syahrul di DPR RI dapat menyampaikan Langsung ke Menteri PUPR dan Dirjen, sehingga Balai menunggu Instruksi Kementerian.

Kami sudah membuat Telaah dan sudah kami kirim ke Dirjen PUPR dengan kondisi terkini Desa Balung ini ” Kata Syahputra A. Gani.

Pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Provinsi Riau Adam Safaat dari Komisi IV dalam sambutannya menyampaikan
DPRD Provinsi Riau sangat mendukung terhadap Pembangunan di Desa Balung Kecamatan XIII Koto Kampar kabupaten Kampar dan di Provinsi Riau termasuk bagusnya Jalan Nasional yang ada di Riau ” Kata Adam Safaat.

Pemerintah Pusat hendaknya punya andil dalam perbaikan sehingga Jalan kita tetap terawat” Kata Adam Safaat.

Kehadiran kami ini tentunya menjadi pertanyaan namun kami melihat Kepala Balai Pelaksnaan Jalan Nasional Sumatera Barat dapat Mengkaji dan Melihat Kondisi Masyarakat di Desa Balung Kecamatan XIII Koto Kampar” Kata Adam Safaat. (Adv/Iqbal Saputra)



































































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah