Pendidikan

Pengelolaan Lembaga Pendidikan Secara Islami

Bagikan :

Resensi buku oleh Juhan Tata Sembada (21112385)
Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Judul:Manajemen Lembaga Pendidikan Islam
Penulis:Dr.Afiful Ikhwan,M.Pd.l
Penerbit:NAJAHA
Tahun terbit:2022
ISBN:978-623-99296-3-3
Jumlah halaman:153 halaman
Lebar buku: 15,7 cm
Panjang buku: 23,1 cm
Harga buku:Rp55.000-Rp65.000

Lembaga pendidikan islam merupakan tempat berlangsungnya proses pendidikan lslam yang bersamaan dengan proses pembudayaan.Untuk menjadikan Lembaga Pendidikan Istam atau madrasah lebih profesional,maka diperlukan kolaborasi antara pengelolaan manajemen yang baik dan meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik. Dalam buku Manajemen Lembaga Pendidikan Islam ini semua akan dibahas secara tuntas dan jelas mengenai bagaimana pengelolaan lembaga pendidikan islam yang baik danprofesional.



Adapun pembahasan yang ada dalam buku ini meliputi kepemimpinan islami kepala madrasah,manajemen perumusan visi dan misi,manajemen pendidik dan tenaga kependidikan. manajemen peserta didik dan alumni pada madrasah,manajemen perubahan madrasah. manajemen konflik pada madrasah,manajemen kurikulum pembelajaran,manajemen sarana prasarana,manajemen keuangan dan pembiayaan,manajemen peran serta masyarakat dan kemitraan pada madrasah,manajemen budaya dan lingkungan madrasah,dan manajemen keterbukaan informasi pada madrasah.

Bab 1,2 dalam buku ini membahas terkait bagaimana menjadi kepala madrasah yang baik sebagai pengelola lembaga pendidikan Islam yang memiliki tujuh karakter yaitu, Shidiq.Amanah,Tabligh,Fathanah,Istiqamah,Mahabbah,dan Shalih/Ma’ruf.Kemudian pada bab kedua membahas mengenai perumusan visi,misi,dan tujuan dalam pendidikan madrasah serta membahas tentang definisi ilmu pendidikan Islam,obyek ilmu pendidikan Islam,tugas dan fungsi pendidikan Islam,dan ruang lingkup pendidikan agama Islam.Dalam bab ini juga membahas tentang metode dalam meningkatkan mutu pendidikan,yaitu mengembangkan kurikulum,memperkuat kapasitas manajemen sekolah,dan memperkuat sumber daya tenaga kependidikan.

Bab 3,4 mengkaji tentang pengelolaan pendidik,tenaga kependidikan,peserta didik,dan alumni madrasah. Di dalamnya juga diperjelas bagaimana pandangan menurut Islam yang ditinjau dari ayat Al Quran.

Bab 5,6 menjelaskan tentang manajemen perubahan serta faktor-faktor penyebab dan penghambat perubahan pada madrasah dan manajemen konflik,strategi mengatasi konflik,serta faktor-faktor yangmendasari munculnya konflik pada madrasah.

Bab 7 mengkaji manajemen kurikulum pembelajaran pada madrasah/sekolah.Kurikulum adalah program intruksional (madrasah) bagi siswa yang difokuskan pada program pendidikan ini,dimana siswa melaksanakan berbagai pengalaman belajar,schingga mendorong kemajuan dan pertumbuhan mereka sejalan dengan tujuan pendidikan yang telah ditentukan. Sedangkan manajemenkurikulum merupakan suatu pengaturan yang dirancang untuk menjamin keberhasilan kegiatan belajar mengajar sehingga kegiatan tersebut dapat mencapai hasil yang maksimal.

Bab 8 membahas terkait manajemen sarana prasarana madrasah yang mana pengelola sarana dan prasarana pendidikan bertanggung jawab untuk mengatur dan memelihara sarana dan prasarana pendidikan agar dapat memberikan kontribusi yang optimal dan substansial bagi proses pendidikan.Peran administratif ini membutuhkan perencanaan,perekrutan,pemantauan. penanganan inventaris,penghapusan.dan tugas pengaturan.

Bab 9 mengkaji tentang manajemen keuangan dan pembiayaan pada madrasah.Manajemen pembiayaan adalah suatu mekanisme untuk memanfaatkan aliran pembayaran saat ini,dengan membagi dana yang dapat digunakan dan mengelolanya sebagai layanan dengan tujuan meningkatkan kinerja anggaran dan keterbukaan untuk sekolah atau madrasah. Adapun sumber pembiayaan pada madrasah itu dari pemerintah dan masyarakat. wakaf,zakal,shadagah,hibah,dan sumber dana lain yang tidak nengikat.

Bab 10 mengkaji tentang pengelolaan hubungan sekolah dengan masyarakat.Selain berperan sebagai lembaga pendidikan,madrasah juga berperan sebagai lembaga kemasyarakatan, oleh karena itu sekolah tidak terlepas dari masyarakat dan lingkungannya,begitu pula sebaliknya masyarakat tidak dapat dipisahkan dari madrasah.Dikatakan demikian karena sama-sama mempunyai kepentingan,dimana madrasah merupakan lembaga formal yang bertanggung jawab mendidik generasi muda untuk kehidupan masa depannya,sedangkan masyarakat adakah pengguna jasa pendidikan tersebut.

Bab 11 mengkaji tentang manajemen budaya dan lingkungan madrasah.Adapun nilai-nilai untuk membangun budaya madrasah harus difokuskan pada visi, misi, dan tujuan, penciptaan komunikasi formal dan informal,inovatif dan bersedia mengambil resiko,memiliki strategi yang jelas,berorientasi kinerja,sistem evaluasi yang jelas,memiliki komitmen yang kuat,keputusan berdasarkan consensus,sistem imbalan yang jelas,dan mengevaluasi diri. Kemudian pada bab terakhir menjelaskan manajemen keterbukaan informasi pada madrasah. Keterbukaan adalah fitur penting dari perilaku kepemimpinan yang memungkinkan proses pembelajaran perusahaan berlangsung secara cfisien.Kepala sekolah harus memiliki pandangan yang luas dan dapat diakses,keinginan untuk mengkritik dan perubahan dalam metode manajemen kelas.Dengan demikian,pendidikan tidak hanya tentang pengetahuan akademis. tetapi juga tentang kemampuan kepemimpinan dan kecerdasan emosional.

Buku Manajemen Lembaga Pendidikan Istam ini dapat dijadikan bahan bacaan teoritis dan acuan tataran praktik dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam.Buku ini juga membuka wawasan bagi para pengelola lembaga pendidikan Islam.Karena isi pada buku ini memiliki pembahasan yang jelas dan rinci serta terdapat poin-poin penting untuk diterapkan pada suatu lembaga pendidikan islam.

Dalam buku ini,saya mendapati kelemahan pada penggunaan tatanan bahasa Indonesia yang kurang efektif. Seperti,tanda baca yang tidak sesuai,kata atau kalimat yang sering diulang-ulang,dan terdapat banyak kesalahan tipografi dalam penulisan kata. Schingga pembaca dapat merasa sedikit tidak nyaman ketika membaca buku ini.(***)





































































Redaksi Suara Aura
Redaksi suaraaura.com merupakan penulis dan kontributor resmi untuk media online milik PT Suara Aura Cemerlang

You may also like

Comments are closed.

More in Pendidikan