DaerahKab. Kampar

Pemkab Kampar Gelar Rapat Persiapan Manasik Haji Tingkat Kab.Kampar Yang Akan Dilaksanakan Tanggal 7-8 Mei 2024

Bagikan :

Kampar (Suaraaura.com) – Menjelang pelaksanaan manasik haji bagi calon jemaah haji Kabupaten Kampar tahun 1445 H / 2024 M, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar mengelar rapat persiapan manasik haji tingkat Kabupaten Kampar, dengan pihak terkait bertempat di ruang rapat, lantai II, Kantor Bupati Kampar, Selasa (30/04/2024).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Plh Sekda Kab. Kampar H Ahmad Yuzar SSos MT, didampingi Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar H Zulfaimar SAg MAP, Plh Kabag Kesra Setda Kab. Kampar Muhammad Syarif MSi, Kepala Subbag Tata Usaha Kantor Kemenag Kampar H Dirhamsyah MSy, dan pihat terkait lainnya.

Dalam arahannya Plh Sekda Kab. Kampar H Ahmad Yuzar SSos MT mengatakan, Rapat persiapan manasik haji ini sangat perlu dilaksanakan agar dalam pelaksanaan nanti bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan Bersama. Mengingat tahun ini Jema’ah Calon Haji kita cukup banyak, yakni sebanyak 790 jema’ah.



Oleh karena itu, mari kita layani tamu-tamu Allah ini dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Jangan sampai ada jema’ah kita yang tidak terlayani. Jika ada kendala atau masalah, lapor dan koordinasikan segera. Mengingat pelaksanaan Manasik Haji ini tidak berapa lama lagi yakni tanggal 7-8 mei 2024, tegas Ahmad Yuzar.

Sementara itu Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar, yang juga merupakan Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh H Zulfaimar SAg MAP, dalam rapat tersebut memaparkan tentang skenario manasik haji. Yang mana pada hari pertama akan dilaksanakan manasik umroh dan pada hari kedua dilaksanakan manasik haji.

Untuk tempat pelaksanaannya, pada harai pertama, yakni tanggal 7 mei 2024 semua Jema’ah berkumpul di Masjid Islamic Center Bangkinang Kota, untuk diberikan berbagai materi salah satunya cara memakai kain ihram. Setelah memakai pakain ihram, seluruh jema’ah kita dorong menuju halaman Gedung Mahlaigai Bungsu, untuk melaksanakan praktek ibadah umroh.

Kemudian pada hari kedua, yakni tanggal 8 mei 2024, seluruh jema’ah kita suruh memaki pakain ihram dari rumah, dan titik kumpulnya langsung dihalaman Gedung Mahligai Bungsu Bangkinang Kota. Pada hari kedua ini kita akan langsung melaksanakan praktek ibadah haji, setelah itu akan kita adakan evaluasi, pungkas Zulfaimar.

Pada kesempatan yang sama , Plh Kabag Kesra Setda Kab. Kampar Muhammad Syarif MSi mengatakan, bahwasanya rapat ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Polres Kampar, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Satpol PP Kampar.Dalam rapat ini telah disepakati kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten Kampar akan diadakan selama 2 hari yang dimulai pada tanggal 7-8 mei 2024.

Dalam rapat persiapan ini seluruh instansi ikut mendukung terutama Bagian Kesra Sekretariat Daerah, Kementerian Agama Kabupaten Kampar sebagai Koordinator Pelaksana. Untuk tanggungjawab bagian keamanan dan Lalulintas dari pihak Kepolisian, Dinas Perhubungan dan Satpol PP. Sedangkan bagian kesehatan jemaah yakni dari Dinas Kesehatan.

Kita berharap, dengan dilakukan manasik haji ini dapat menjadi contoh dan bekal dari jemaah sewaktu pelaksanaan haji di tanah Suci Mekkah. Sehingga jema’ah kita bisa melaksanakan ibadah haji secara mandiri dan mendapatkan haji yang mabrur dan mabruroh, pungkas Syarif. (***)





































































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah