AdvetorialDaerahKab. Kampar

Pemkab Apresiasi Kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu yang Digelar KPU

Bagikan :

Bangkinang,(suaraaura.com) Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar mengapresiasi kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS 003 Desa Kampung Panjang, Kecamatan Kampar Utara yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar, Selasa (30/1/2024).

Hal itu disampaikan Pj. Bupati Kampar yang diwakili oleh Asisten I Setda Kampar, Ahmad Yuzar,MT saat menyampaikan sambutan dalam acara pembukaan simulasi. “kita mengapresiasi KPU yang telah menggelar kegiatan simulasi ini. Simulasi ini bisa menjadi bahan evaluasi, agar pelaksanaan hari H lebih berkualitas dan lebih baik lagi sejalan dengan prinsip-prinsip Pemilu,” ujar Ahmad Yuzar.

Dia juga berharap pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Kampar berjalan dengan baik dan lancar. Serta partisipasi Masyarakat meningkat dari Pemilu sebelumnya Tahun 2019.



“Mudah-mudahan dengan pelaksanaan yang lebih baik, partisipasi Masyarakat juga meningkat dari tahun sebelumnya. Jika boleh memberikan target, pemerintah daerah menargetkan Tingkat partisipasi Masyarakat dalam memilih di angka 99 persen,” tambahnya.

Dia juga memerintahkan agar para camat, kades dan seluruh perangkat kecamatan dan desa agar melakukan sosialisasi ke masyarakat. Supaya masyarakat hadir ke TPS pada tanggal 14 Februari 2024.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Kampar, Maria Aribeni pada saat pembukaan acara mengatakan bahwa, simulasi ini merupakan agenda KPU yang bertujuan untuk pemantapan penguasaan tata cara (standard Operating Procedure) pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).
“jadi kegiatan simulasi ini merupakan yang kedua kalinya kita laksanakan. Untuk lebih memantapkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bekerja pada saat hari pemungutan suara,” ujar Maria Aribeni.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Kampar, Ahmad Dahlan menambahkan bahwa pelaksanaan simulasi yang dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga 13.00 Wib.
“Kegiatan simulasi ini merupakan Riil kegiatan di TPS.
Rangkaiannya sama seperti pelaksanaan pemungutan suara di hari H. Diawali pengambilan sumpah oleh ketua KPPS untuk anggota KPPS 003 Desa Kampung Panjang, dilanjutkan dengan penyampaian tata cara pemilihan oleh ketua KPPS. Kemudian penghitungan berapa surat suara yang diterima KPPS dan pembukaan TPS untuk pemungutan suara oleh pemilih yang terdaftar dalam DPT,” jelas Ahmad Dahlan.
Dia juga mengatakan bahwa simulasi ini merupakan perintah KPU RI yang diperkuat oleh KPU Provinsi Riau agar dilaksanakan jelang hari pemungutan suara. Dia juga menyampaikan bahwa antusias masyarakat yang hadir saat simulasi ini cukup tinggi. Kehadiran masyarakat saat simulasi mencapai sekitar 66 persen,” jelas Ahmad Dahlan.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Anggota KPU Kabupaten Kampar, Andi Putra, Anggota Bawaslu Kabupaten Kampar, Fadriansyah, unsur Forkopimda, Partai Politik peserta Pemilu, Forkopimcam Kampar Utara, PPK, PPS, perangkat desa, dan para pemilih yang terdaftar di DPT TPS 003 Desa Kampung Panjang.(Advetorial)





































































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial