DaerahKab. Kepulauan MerantiPendidikan

Pembangunan Kawasan Pedesaan, Dosen UIR Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Desa Semukut

Bagikan :

KEPULAUANMERANTI(SuaraAura.Com) – Dosen Universitas Islam Riau Melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Semukut Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin (29/8/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan Pukul 14.00 s/d 16.30 di Kantor Desa Semukut yang dihadiri oleh seluruh Perangkat desa, BPD dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Kegiatan pengabdian merupakan salah satu tanggung jawab sebagai tenaga pendidik atau dosen di perguruan tinggi yaitu tri dharma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.



Pengabdian masyarakat di desa semukut mengusung tema pembangunan kawasan pedesaan sesuai dengan Keputusan Direktur Jendral Pembangunan Kawasan Pedesaan nomor 14/DPKP/SK/07/2016 Tentang Penyelenggaraan Kawasan Pedesaan. Melalui keputusan tersebut Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mendorong setiap desa untuk melakukan percepatan pembangunan pedesaan.

Desa semukut merupakan salah satu desa yang memiliki potensi sektor perkebunan yang cukup besar dengan di dominasi oleh sektor perkebunan karet, sagu dan kelapa. Namun sejauh ini sektor perkebunan di desa Semukut belum maksimal memberikan peningkatan perekonomian bagi masyarakat desa Semukut.

Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat dari Universitas Islam Riau yang di Ketuai oleh Rijalul Fikri, S.Sos, MA memberikan gambaran mengenai pengembangan kawasan pedesaan dari sudut pandang partisipatif yang diharapkan dapat menjadi pendorong bagi pemanfaatan sumberdaya yang lebih maksimal di desa Semukut.

Selain itu konsep dan perencanaan pengembangan kawasan pedesaan disampaikan oleh M. Irfan Rosyadi.,SE.,ME sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta konsep-konsep pembangunan pedesaan. Melaui pemaparan tersebut diharapkan pemerintah desa Semukut memperoleh banyak informasi mengenai pengembangan kawasan pedesaan serta dapat berkolaborasi dengan desa sekitar dalam penerapaannya.

Pemerintah desa Semukut dalam hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Semukut, Firmansyah ST mengharapkan peran Perguruan Tinggi khususnya UIR untuk terus memberikan pendampingan secara langsung mengenai pengembangan kawasan pedesaan khususnya di desa semukut.

“Kami sangat mengharapkan pendampingan secara langsung khususnye dari Universitas Islam Riau untuk memajukan desa kite ini” Ujarnya.(MRA)



































































Redaksi Suara Aura
Redaksi suaraaura.com merupakan penulis dan kontributor resmi untuk media online milik PT Suara Aura Cemerlang

You may also like

Comments are closed.

More in Daerah