AdvetorialDaerahKab. Kampar

PD Himpaudi Kampar Gelar Workshop IKM Bagi Pendidik PAUD se-Kabupaten Kampar

Bagikan :

Pekanbaru, Suaraaura.com – PD Himpaudi (Pengurus Daerah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) Kabupaten Kampar menggelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Bagi Pendidik PAUD se-kabupaten Kampar. Kegiatan ini digelar di Hotel Ayola Pekanbaru, selama 3 hari, 14 s.d 16 September 2023.

Kegiatan Workshop IKM ini dibuka oleh Bunda PAUD Kabupaten Kampar yang sekaligus juga Penasehat Himpaudi Kabupaten Kampar drg. Yusi Prastiningsih Firdaus, MM, di Hotel Ayola Pekanbaru, Kamis (14/9/2023).

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua PD Himpaudi Kabupaten Kampar Ny. Juli Mastuty Yusri beserta seluruh pengurus Himpaudi Kabupaten Kampar, Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar Aidil, SH, MH, Ketua Organisasi Mitra PAUD (GOPTKI, IGABA, IGRA) Kabupaten Kampar.

Bunda PAUD Kabupaten Kampar drg. Yusi Prastiningsih Firdaus, MM, saat membuka workshop IKM menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada PD Himpaudi Kabupaten Kampar yang telah menyelenggarakan kegiatan workshop IKM bagi guru PAUD se-Kabupaten Kampar.

“Terimakasih kepada Himpaudi Kabupaten Kampar yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, semoga kita semua terus berusaha dan bersinergi untuk memajukan pendidikan PAUD di Kabupaten Kampar,” ujar Yusi.

Yusi menyampaikan bahwa Kepala Sekolah dan guru sebagai ujung tombak pelaksana kurikulum di sekolah dapat menimba ilmu dari narasumber dan menyamakan persepsi tentang implementasi kurikulum Merdeka di PAUD masing-masing.

Selanjutnya, Yusi juga mengingatkan bahwa prinsip pembelajaran di PAUD harus menyenangkan, ‘belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar’ dan calistung hanya berupa “pengenalan” bukan “Drill” serta penerapan 6 (enam) pondasi kemampuan bagi murid PAUD.

Bunda PAUD Kabupaten Kampar drg. Yusi Prastiningsih Firdaus, MM, yakin bahwa bunda-bunda kepala sekolah dan guru yang mengikuti workshop IKM ini, adalah pendidik hebat yang selalu mempunyai semangat yang tinggi dan berupaya keras agar PAUDnya senantiasa maju dan berkembang. “Guru PAUD harus Melek Teknologi untuk dapat mengikuti perkembangan kurikulum dan berbagai hal terkait pendidikan PAUD yang juga sudah tersedia secara online,” pesan drg Yusi.

Sementara itu Ketua PD Himpaudi Kabupaten Kampar Ny. Juli Mastuty Yusri menyampaikan bahwa Workshop IKM ini adalah yang kedua yang digelar oleh PD Himpaudi Kabupaten Kampar dengan maksud agar guru-guru PAUD memahami kurikulum Merdeka sehingga dalam pelaksanaan pendidikan di PAUD sesuai dengan kurikulum Merdeka dimaksud.

Tujuan kurikulum Merdeka terang Juli adalah memberikan keleluasan kepada pendidik untuk menciptakan bahwa belajar itu menyenangkan. “Harapan kita semoga kegiatan IKM ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan guru yang diimplementasikan nantinya di tempat tugas masing-masing,” ujar Juli.

Ditambahkan Yuli Mastuty bahwa kegiatan workshop IKM ini juga sejalan dengan program Gempur PAUD yang sedang gencar dilaksanakan Bunda PAUD beserta Mitra PAUD dan Dinas Dikpora. “Kita berkomitmen untuk mensukseskan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” kata Juli.

Ketua panitia Panitia Atni Prawati, MEd dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan workshop IKM ini salah satunya untuk mensosialisasikan Kurikulim Merdeka dan memantapkan keterampilan guru dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut menuju tercapai pembelajaran PAUD yang bervariasi dan inovasi.
Kegiatan Workshop IKM ini diikuti oleh 42 peserta dari 21 kecamatan yang terdiri dari kepala PAUD dan guru PAUD. Workshop ini mengangkat Tema “Pendidik PAUD Profesional Menuju PAUD Berkualitas”.

Sementara itu Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kampar Aidil, SH, MH pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Dinas Dikpora sangat mensupport kegiatan ini. “Intinya adalah silaturahmi, silahturahmi harus di jaga, dengan silahturahmi kita bisa berbagi ilmu. Untuk mari pergunakan waktu ini sebaik baiknya,” ujarnya.

Narasumber yang menyampaikan materi adalah narasumber tingkat Nasional yakni Nelti Rizka, M.Pd yang menyampaikan materi tentang Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KSOP) dan Dra Army Suria Juliastuti, MPd yang menyampaikan materi tentang Implementasi Kurikulum Merdeka. (***)




















































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial