AdvetorialDaerahKab. Kampar

Pastikan Tes Ujian CAT Berjalan Lancar di Hari Pertama, Bawaslu Kampar Lakukan Pengawasan Melekat Pada Seleksi Calon Anggota PPK Pilkada Serentak 2024

Bagikan :

BANGKINANG KOTA, Suaraaura.com- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kampar melakukan pengawasan langsung tes Computer Assisted Test (CAT) pada seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se Kabupaten Kampar yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar, Senin (06/05/2024) pagi hingga selesai.

Tes CAT ini dilaksanakan oleh KPU dibeberapa titik yakni di SMAN 01 Bangkinang Kota, SMAN 02 Bangkinang Kota dan SMKN 01 Bangkinang. Tes ini diikuti sebanyak 601 orang peserta yang dinyatakan lulus Administrasi alias Memenuhi Syarat (MS). Sedangkan yang Tdak Memenuhi Syarat (TMS) yakni berjumlah sebanyak 25 orang peserta.

Tes ini dilaksanakan selama Tiga (3) hari yakni dimulai hari Senin (06/05/2024) Selasa (07/05/2024) dan Rabu (08/05/2024) nanti.



Tes CAT ini langsung sistim gugur dan nilai bisa dilihat setelah selesai oleh para peserta calon PPK yang mengikuti tes tersebut.

Tes tersebut dimulai pada pukul 08:00 WIB sampai dengan selesai yang mana hari ini, Senin merupakan hari pertama tes CAT digelar oleh KPU Kampar bekerjasama dengan SMAN 01 Bangkinang Kota, SMAN 02 Bangkinang Kota dan SMKN 01 Bangkinang.

Pada hari pertama yakni Senin sesi I yakni dimulai pukul 08:30 – 10:30 WIB, tempat di SMAN 01 Bangkinang Kota, SMAN 02 Bangkinang dan SMKN 01 Bangkinang khusus Kecamatan Bangkinang Kota (50) peserta mulai urutan 01-50, Bangkinang Kota (27) peserta mulai urutan 51-77 dan XIII Koto Kampar (20) peserta mulai urutan 190-209.

Selanjutnya pada sesi II yakni dimulai pukul 11:00-13:00 WIB, tempat di SMAN 01 Bangkinang Kota, SMAN 02 Bangkinang Kota, SMKN 01 Bangkinang khusus Kecamatan Kampar (46) peserta mulai urutan 78-123, Siak Hulu (26) peserta mulai urutan 240-265, Kampar (20) peserta mulai urutan 124-143.

Jadi total yang peserta pada hari pertama yang mengikuti ujian tes CAT calon anggota PPK Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Seluruh Indonesia yakni sebanyak 4 Kecamatan dan jumlah peserta 189 orang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kampar Syawir Abdullah yang dikonfirmasi melalui Anggota Fadriansyah, Senin (06/05/2024) sore, di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kampar, Jalan HR Soebrantas, Kelurahan Langgini, Kecamatan Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar, usai pengawasan pelaksanaan ujian tes CAT mengatakan bahwa Bawaslu Kampar melakukan pengawasan melekat saat proses ujian tes CAT berlangsung.

“Alhamdulillah pengawasan ujian tes CAT calon anggota PPK Pilkada Kampar tahun 2024 pada hari pertama berjalan dengan lancar,” ujar Fadriansyah yang juga Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Masyarakat.

Ditegaskannya, bahwa hasil pengawasan juga tidak ada yang terindikasi sebagai anggota dan pengurus partai politik yang terdaftar di Sipol. “Berdasarkan laporan dari KPU Kampar peserta yang ikut ujian tes CAT ini tidak ada yang terdaftar sebagai anggota dan pengurus partai politik,” tegas mantan Anggota Panwascam tersebut.

Lanjutnya, Bawaslu Kampar juga akan melakukan pengawasan melekat pada hari kedua yakni Selasa (07/05/2024) sesuai dengan jadwal dan tahapan dari pelaksanaan ujian tes CAT calon anggota PPK oleh KPU Kampar.

Sebelumnya, Bawaslu Kampar juga telah menyampaikan imbauan melalui surat kepada KPU Kampar yang diterima langsung oleh Ketua Andi Putra dan Anggota Imelda Saputri di ruang kerja beberapa waktu lalu.

“Bawaslu Kampar sejak awal sudah melakukan pencegahan terhadap penerimaan calon anggota PPK yang dilaksanakan oleh KPU Kampar yakni harus sesuai regulasi dan aturan yakni tidak terafiliasi dengan partai politik bagi peserta y BBang mendaftar. Bahkan Bawaslu Kampar sudah melakukan pencegahan dan bersurat kepada KPU Kampar,” tutupnya mengakhiri wawancara.(Advetorial)





































































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial