DaerahKab. Kampar

Mhd Firdaus Siap Emban Amanah Sebagai Datuk Sinaro Teratak Buluh.

Bagikan :

Siak Hulu,(suaraaura.com) Penjabat Bupati Kampar Mhd Firdaus SE, MM beserta keluarga besar penuhi undangan dari Ninik Mamak dan Siompu Persukuan melayu Datuk Sinaro Hj. Maryenik Yanda, SH untuk bersilahturahmi dengan Ninik Mamak Datuk Sinaro Teratak Buluh sekaligus Musyawarah Pemilihan Datuk Sinaro Teratak Buluh, Minggu (25/6/2023).

Pj. Bupati Kampar yang notabene adalah keturunan dari Datuk Sinaro Teratak Buluh menghadiri acara ini didampingi langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril, S.STP dan Camat Siak Hulu Rahmad Fajri, S.STP. Pada acara ini juga tampak hadir juga Anggota DPR RI/MPR RI Dr. Misharti, S.Ag, MSi yang juga merupakan keluarga besar Siompu Datuk Sinaro Teratak Buluh, Kepala Desa Teratak Buluh, Kepala Desa Kubang, Kepala Desa Lubuk siam dan para Ninik Mamak Persukuan Melayu Datuk Sinaro Teratak Buluh.

Sambutan pada acara ini, Pj. Bupati Kampar sampaikan apresiasi karena Persukuan Melayu Datuk Sinaro Teratak Buluh telah menggelar acara ini sebagai bentuk pelestarian budaya dan adat istiadat di Kabupaten Kampar.

“Selaku Pj. Bupati Kampar saya sangat berharap agar tokoh-tokoh adat agama beserta Pemerintah secara bersama dan bersinergi membangun Kabupaten Kampar dengan tugas dan fungsi masing-masing” demikian dikatakan Firdaus.

Dikatakanya bahwa di Kabupaten Kampar melekat dengan semboyannya Tali Bapilin Tigo,Tigo tungku sajoghangan yang memenuhi makna Pemerintah, Ninik Mamak dan Ulama bersatu dalam mengisi, memberi dan mengasuh dalam kemajuan pembangunan yang strategis.

Disisi lain Siompu Datuk Sinaro Taratak Buluh mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan selain sebagai Silahturahmi juga melaksanakan musyawarah untuk pemilihan Datuk Sinaro Taratak Buluh dikarenakan telah mangkatnya pemegang gelar Datuk Sinaro sebelumnya, untuk itu wajib kiranya diangkat Datuk Sinaro yang baru guna tetap berjalannya sistem adat dan kebudayaan di Taratak Buluh. Dalam musyawarah menghadirkan seluruh pucuk pimpinan adat kenegerian melayu Datuk Sinaro Teratak Buluh.

Dalam musyawarah Pemilihan Datuk Sinaro Teratak Buluh, seluruh Ninik Mamak Persukuan Melayu Datuk Sinaro Teratak Buluh sepakat memilih dan mengangkat Mhd Firdaus, SE, MM yang saat ini menjabat Pj. Bupati Kampar sebagai Datuk Sinaro Teratak Buluh.
Bukan tanpa alasan terpilih serta diangkatnya Pj. Bupati Kampar sebagai Datuk Sinaro Teratak Buluh, ini tak lain dan tak bukan karena Pj. Bupati Kampar merupakan keturunan langsung dari Datuk Sinaro Teratak Buluh sehingga pucuk pimpinan dan gelar sebagai Datuk Sinaro Teratak Buluh secara sah dan dapat dipangku olehnya, dan bukan disebabkan karena jabatan beliau sebagai Pj. Bupati Kampar.

Dalam sambutannya setelah resmi terpilih memangku jabatan sebagai Datuk Sinaro Teratak Buluh dan sebagai salah satu pemangku adat dipersukuan melayu Datuk Sinaro Teratak Buluh, Firdaus ucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan yang telah diamanatkan kepadanya.

“Dengan Bismillah, saya menerima pemilihan dan pengangkatan ini yang merupakan amanah besar dari leluhur saya. Dan saya akan jalankan sesuai dengan peraturan adat istiadat yang telah dari dulunya ditetapkan oleh para leluhur kita, dan untuk itu saya juga meminta dukungan dan sejalannya kita seluruh ninik mamak dalam membangun adat, tradisi dan dalam membimbing anak kemenakan kita kedepannya,” kata Firdaus.

Hasil musyawarah ini, penobatan Muhammad Firdaus SE, MM sebagai Datuk Sinaro Teratak Buluh direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 1 juli 2023 mendatang. Acara ditutup dengan makan bajambau. (Advetorial)




















































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah