AdvetorialDaerahKab. Kampar

Mahasiswa Kukerta Unri Gelar Sosialisasi Workshop Pembuatan Sabun Cuci bersama Ibu-Ibu PKK

Bagikan :

Rumbio Jaya,(suaraaura.com)Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata membangun kampung Universitas Riau mengadakan sosialisasi dan workshop pembuatan sabun cuci piring bersama ibu-ibu PKK di Gedung PKK Desa Batang Batindih, Rumbio Jaya, Kampar, Riau, Kamis (10/8/2023).

Sosialisasi ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada ibu-ibu PKK Desa Batang Batindih yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan cuci piring mereka sendiri maupun dijual kembali sebagai peluang usaha bagi ibu-ibu PKK di Desa Batang Batindih. Sosialisasi dan workshop pembuatan sabun ini dilakukan selama satu hari dengan durasi waktu dua jam, kegiatan ini diikuti oleh 40 orang ibu-ibu PKK.
Sebelum memulai kegiatan sosialisasi dan workshop sabun, kelompok kuliah kerja nyata membangun kampung Universitas Riau menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut.

”untuk bahan-bahan pembuatan sabun cuci piring bisa dibeli langsung ditoko bahan kimia diantaranya texaphon, SLS, LABS, Foam booster, pewangi, pewarna, pengawet. Harga bahan yang digunakan ini sangat terjangkau sehingga mampu dipraktikkan kembali jika ingin Dan sedangkan alat-alat yamg digunakan menggunakan sarana yang tersedia di rumah seperti ember, pengaduk, dan gayung” ujar salah satu anggota kelompok KKN.
Setelah mendapatkan penjelasan mengenai proses pembuatan sabun, perwakilan 5 orang dari ibu-ibu PKK dibantu oleh Mahasiswa KKN melakukan praktik langsung pembuatan sabun cuci piring.



Selama praktik berlangsung proses pembuatan sabun cuci piring yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK selalu dipantau oleh para anggota kelompok KKN, kelompok KKN memastikan setiap proses yang dilakukan terstruktur dengan baik.
Setelah semua proses pembuatan sabun cuci piring selesai, cairan tersebut didiamkan selama satu hari hingga busa mengendap dan berbentuk cairan kental seperti sabun cuci piring pada umumnya. Sabun cuci piring digunakan oleh ibu-ibu PKK untuk kebutuhan masing-masing anggota.
(Humas Fitri)



































































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial