AdvetorialDaerahKab. BengkalisRiau

Mahasiswa Kukerta UNRI Beri Inovasi Pengolahan Jahe Merah Dan Daun Kelor Menjadi Teh Herbal Sebagai Kreativitas Umkm Di Desa Api-Api

Bagikan :

Bengkalis (suaraaura.com)UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

Seperti yang diatur dalam peraturan perundang-undangan No. 20 tahun 2008, sesuai pengertian UMKM tersebut maka kriteria UMKM dibedakan secara masing-masing meliputi usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah.

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau 2023 melakukan pengabdian masyarakat pengelolaan UMKM yang berbahan dasar jahe merah dan daun kelor di Desa Api-Api yang beranggotakan : Viery Tua Siagian (Fisika), Irna Panisa (Akuntansi), Citra Febriyani (Pendidikan Biologi), Eva Tesanika Br Purba (Akuntansi), Desrizal Kurniawan (Fisika), Putri Juniarti Tanjung (Pendidikan Biologi), Kesya Lantio (Sistem Informasi), M. Khairul Hanif (Teknologi Pertanian), Gilbert Ernest Siburian (Teknologi Pertanian) dan Nabila Haq (Pendidikan Biologi). Mahasiswa Kukerta ini datang untuk membawa inovasi baru untuk membudidayakan tanaman jahe merah dan daun kelor yang sudah jarang ditemukan di Desa Api-Api, serta ide bisnis untuk menambah penghasilan masyarakat Desa Api-Api.



Kegiatan ini melibatkan Ibu penggerak PKK beserta ibu rumah tangga yang ada di Desa Api-Api.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin, 7 Agustus 2023 pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Desa Api-Api, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Guna meningkatkan daya saing desa Api-api serta membudidayakan tanaman jahe merah dan daun kelor yang sudah jarang ditemukan di Desa Api-Api, sekaligus ide bisnis untuk menambah penghasilan masyarakat Desa Api-Api.

Mahasiswa Kukerta melakukan konsultasi dengan Ketua PKK Desa Api – Api perihal penentuan tanggal dilakukannya kegiatan. Tim Kukerta UNRI melakukan kegiatan diawali dengan pemaparan mengenai ide produk UMKM dan dilanjutkan dengan penyampaian manfaat dari produk Si Kembar Japi & Kepi, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan, pengemasan dan pemasaran produk. Pada akhir sesi Ibu Ketua PKK dan Bapak Kepala Desa Api – Api mencoba produk Si Kembar Japi & Kepi yang kemudian dilanjutkan dengan sesi wawancara.

“Rasa nya sangat enak dan lezat, karena jahe ini sangat banyak manfaatnya. Mudah – mudahan dengan adanya kreativitas dari Kukerta Unri ini bisa bermanfaat untuk masyarakat khususnya Desa Api – Api.
Ini adalah Inovasi yang dikelola oleh Adek-adek KKN dari Unri”, ujar Edi Ferizal S.Sos.i selaku Kepala Desa Api-api.

“Sebelumnya Terima kasih kepada Mahasiswa Kukerta Unri hadir di desa kami memberikan ilmu baru mengenai pelatihan dan pengenalan teh jahe merah dan daun kelor bisa memberikan warna baru dan semakin maju UMKM di Desa Api – Api”, ujar Eva Rahayu S,Pd.i selaku Ketua PKK Desa Api – Api.

Setelah melakukan kegiatan, diharapkan kepada masyarakat khususnya di Desa Api – Api untuk dapat mengembangkan UMKM dan membudidayakan tanaman jahe merah dan daun kelor yang berpotensi bagi kesehatan. “(Tim KUKERTA UNRI 2023 DESA API-API)”



































































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial