AdvetorialDaerahKab. Kampar

Mahasiswa Kukerta UNRI Adakan Lomba Memperingati Tahun Baru Islam 1445H di Desa Lubuk Tilan

Bagikan :

*DAYUN*(suaraaura.com)- Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445H, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Bangun Kampung Universitas Riau (UNRI) menggelar perlombaan Gema Muharram di Desa Lubuk Tilan, Kecamatan Dayun. Kegiatan ini diikuti anak-anak Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) yang ada di Desa Lubuk Tilan, Minggu (30/7/2023) bertempat di Masjid Al-Ikhlas.

Ketua pelaksana sekaligus ketua Tim Kukerta UNRI Desa Lubuk Tilan, Junjung Anugrah melaporkan perlombaan ini ditaja oleh mahasiswa Kukerta UNRI bekerjasama dengan Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Al-Ikhlas. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan motivasi anak-anak dalam mempelajari ilmu keislaman dan melatih mental percaya diri,” terang Junjung.

Junjung mengungkapkan, perlombaan terlaksana dalam suasana penuh semangat. Para peserta dari MDTA AL-Ikhlas dan MDTA Muhajirin berkompetisi dengan kemampuan azan, hifzil qur’an (hapalan quran), berpidato, serta perlombaan cerdas cermat.

Junjung berharap lomba ini dapat menumbuhkan semangat kepada peserta dalam berlomba, serta menumbuhkan nilai-nilai nuansa Islami dan dapat meningkatkan daya saing yang sehat.
“Semoga dengan acara ini adik-adik yang ikut lomba dapat menampilkan yang terbaik dan termotivasi untuk ikut lomba pada acara selanjutnya. Untuk adik-adik yang berlomba semangat selalu,” ucap Junjung.
Junjung pun meminta murid-murid tersebut semangat dalam belajar dan memahami ilmu keislaman terus tumbuh dan berdampak positif bagi perkembangan masyarakat Desa Lubuk Tilan.

Acara pembukaan dimulai pada pagi hari dan dihadiri oleh kepala desa Lubuk Tilan, kepala dusun, RW, RT dan kepala madrasah dari kedua MDTA. Kepala Desa Lubuk Tilan, yang dalam hal ini diwakili oleh Juru Tulis Tiga Abdur Rahman Haqiqi dalam kata sambutannya mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi mahasiswa Kukerta UNRI.
“Atas nama pemerintah Desa Lubuk Tilan, saya memberikan apresisasi kepada mahasiswa kukerta UNRI atas terselenggaranya perlombaan memperingati 1 Muharram di Desa Lubuk Tilan. Semoga dengan ini dapat menjadi ajang untuk mengembangkan minat dan bakat anak-anak,” tutur Juru Tulis Tiga Desa Lubuk Tilan.

Hasil lomba menunjukkan kesungguhan para peserta dalam menunjukan penampilan terbaik yang mereka miliki. Pemenang perlombaan diumumkan pada hari yang sama selepas sholat Ashar berjamaah di Masjid Al-Ikhlas.

Lomba ini mengangkat tema “Mari Berhijrah, Menuju Islam yang Kaffah dalam Ukhuwah Islamiah” yang diikuti sebanyak 41 anak-anak dari kedua MDTA. Dari empat kategori perlombaan ditentukan 3 pemenang (juara 1, 2 dan 3) dan diberikan sertifikat serta hadiah yang sudah disiapkan oleh mahasiswa Kukerta.

Kegiatan ini berjalan lancar berkat kerjasama dan dukungan dari seluruh pihak terlibat, mulai dari mahasiswa kukerta Universitas Riau, kepala desa Lubuk Tilan beserta perangkat desa Lubuk Tilan, pengurus masjid, Ikatan Remaja Masjid Al-Ikhlas dan anak-anak MDTA.(redaksi)



































































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial