DaerahKab. Kuantan Singingi

Mahasiswa KUKERTA Universitas Riau Desa Luai Ikut Serta Pembuatan Lomang di SMPN 6 Kuantan Mudik

Bagikan :

Luai (Suaraaura.com) – Mahasiswa/i KUKERTA Universitas Riau di Desa Luai, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi ikut serta dalam proses pembuatan lomang bersama siswa/i dan majelis guru SMPN 6 Kuantan Mudik. Jumat (05/08/2022).

Kegiatan ini merupakan realisasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dilakukan oleh siswa/i SMPN 6 Kuantan Mudik sebagai salah satu program dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Hasil lomang yang telah dibuat ini juga dipamerkan pada bazaar pembukaan Festival Pacu Jalur Kebudayaan yang dihadiri langsung oleh Plt. Bupati Kuantan Singingi, Drs. Suhardiman Amby.

Adapun mahasiswa/i KUKERTA Universitas Riau di Desa Luai berjumlah 9 orang, 2 diantaranya adalah laki-laki yakni Aditia Eka Putra dan Muhammad Resha Alijati. Sedangkan 7 diantaranya adalah perempuan, yakni Feby Khairani, Marshelli,Thifal Joitsa, Theresia Oktavia Sinaga, Meisye Wulandari, Naomi Evelyn Tamariska Sinaga dan Erni Yunita Napitupulu.

“Kegiatan ini kami lakukan bersama siswa/i beserta majelis guru SMPN 6 Kuantan Mudik. Selain untuk mendampingi adik-adik, tentunya juga menjadi pengalaman baru bagi kami karena bisa terlibat langsung dalam proses pembuatan lomang yang merupakan makanan khas daerah ini,”ujar Erni selaku ketua kelompok KUKERTA.

“Pembuatan lomang dimulai dengan proses pemotongan dan pengupasan kulit bambu, setelah itu dimasukkan daun pisang dan daun pandan sebagai alas didalam bambu, selanjutnya dimasukkan pula beras ketan dan dituangkan santan kedalam bambu yang nantinya akan dibakar hingga jadilah lomang matang”, ujar salah satu majelis guru.

“Ibu berharap mahasiswa/i KUKERTA Universitas Riau dapat membantu dan mengarahkan adik-adik siswa/i SMP dalam mengerjakan projek yang merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka” ujar Ibu Desyi Setiawati,S.Si, M.Pd Kepala Sekolah SMPN 6 Kuantan Mudik.
Keikutsertaan mahasiswa/i KUKERTA Universitas Riau yang antusias dalam kegiatan pembuatan lomang juga mampu memberikan semangat bagi siswa/i dan majelis guru SMPN 6 Kuantan Mudik sehingga kegiatan ini begitu berkesan.(***)




















































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah