AdvetorialDaerahKota Pekanbaru

Mahasiswa Kukerta Integrasi UNRI Bangun Sistem Irigasi di Beringin Indah Sidomulyo Timur

Bagikan :

Pekanbaru (suaraaura.com)Air merupakan salah satu komponen penting bagi tumbuhan. Air memiliki peran utama dalam proses fotosintesis serta transpirasi tumbuhan. Namun, posisi sumber air di lahan kawasan Kelompok Wanita Terpadu (KWT) RW 6 Beringin Indah, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai cukup jauh yang mengharuskan pengurus lahan mengambil air dari rumah terdekat.

Mengatasi permasalahan tersebut, tim KKN Integrasi Marpoyan Damai yang dibimbing oleh Prof. Dr. Yustina, M.Si berinisiatif untuk membangun sistem irigasi di lahan kawasan KWT, RW 6, Beringin Indah, Sidomulyo Timur. Tujuan dari pembangunan sistem irigasi ini untuk memudahkan penyiraman tanaman karena sumber air dibangun langsung di lahan KWT.

“Dengan adanya pembangunan sistem irigasi di lahan KWT Beringin Indah ini dapat memudahkan pengurus lahan untuk menyirami tanaman, sehingga penyiraman tidak memerlukan waktu dan tenaga yang ekstra seperti sebelumnya” ujar Asriezza selaku ketua kelompok KKN Integrasi Marpoyan Damai.



Tumbuhan yang ditanam di lahan KWT ini juga beragam. Terdapat ubi roti, bayam brazil, pakcoy, tomat, cabai, bawang dayak, kunyit, kumis kucing, pisang tanduk, dan ubi jalar di lahan 15 x 10 meter ini. Harapannya dengan alat ini dapat mengoptimalkan pertumbuhan tanaman sehingga didapatkan hasil panen yang memuaskan.

Tidak hanya terfokus pada program kerja di KWT, tim Kukerta Integrasi Marpoyan Damai juga melaksanakan program kerja yang bermanfaat bagi masyarakat setempat dari segala rentang usia. Seperti: Mengunjungi Posyandu Lestari Satu, sosialisasi menghindari perilaku buruk di SDN 112 dan 161 Pekanbaru, sosialisasi “Scabies, Bye!” di Panti Asuhan Al-Akbar, kegiatan pengenalan potensi diri dan games Ranking 1 bersama remaja Masjid Al-Furqan, melakukan pengecekan kesehatan warga gratis khususnya lansia dan lain sebagainya.

Sementara perwakilan warga setempat, “Alhamdulillah, program kerja KKN tahun ini (di RW 6 Beringin Indah, Sidomulyo Timur, Marpoyan Damai) mengalami peningkatan, mereka aktif berpartisipasi dalam komunitas masyarakat yang ada dengan melakukan sosialisasi ke SD, pemberian materi ke PKK, ikut serta dalam kegiatan Waitankung, Rantai Berlian, kegiatan dengan remaja Masjid Al-Furqan, kunjungan ke Panti Asuhan Al-Akbar, membantu KWT, dan banyak kegiatan bermanfaat lainnya” ucap Drs. H. Sabaruddin Zainal selaku ketua RW 6 Beringin Indah pada Jumat, 5 Agustus 2023.

Dalam kegiatan pengabdian ini melibatkan 10 mahasiswa Kukerta Universitas Riau, yakni Asriezza Geuthena Rahman (Fakultas Teknik), Fadhilah Sukma Arini (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan), Gabrielle Havana Putri (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) , Nadine Prameswari (Fakultas Pertanian), Nindy Putri Amalia (Fakultas Kedokteran), Rifa Khalisha Humairah (Fakultas Kedokteran), Rima Farahdina (Fakultas Kedokteran), Sarhan (Fakultas Teknik), Shofiyah Nabila Annur (Fakultas Pertanian), dan Rudiando Manurung (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).(***)



































































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial