AdvetorialDaerahKab. Kampar

Mahasiswa Kukerta Bangun Kampung UNRI 2023 Gelar Sosialisasi PHBS (6 Langkah Mencuci Tangan) di SD Negeri 009 Ganting

Bagikan :

Ganting,(suaraaura.com)-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Bangun Kampung Universitas Riau (UNRI) Tahun 2023 Desa Ganting mengadakan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang selalu di gaungkan sejak lama untuk menjaga kebersihan dan kesehatan yaitu mencuci tangan. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di ruang Kelas SD Negeri 009 Ganting. Kegiatan ini diikuti oleh Siswa/i kelas 1 hingga 3 SD Negeri 009 Salo, Rabu (26/07/2023).

6 langkah mencuci tangan merupakan salah satu dari Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Tangan merupakan media yang sangat berperan dalam perpindahan penyakit, karena tangan yang di gunakan untuk memegang semua benda yang belum pasti di ketahui kebersihannya. Sebagai contoh kita membuka pintu dengan memegang gangangnya atau spidol yang kita pegang di kelas, kita tidak pernah tahu apakah ada berapa banyak penyakit (virus/bakteri) yang menempel di sana. Barang tersebut sebelumnya bisa di pegang oleh seseorang yang batuk / bersin yang di tutup dengan tangan. Kemudian tangan kita yang sudah memegang gangang pintu lansung memakan makanan atau menguap lansung tanpa mencuci tangan. Sangat jelas perpindahan penyakit di sana. Jika saat itu daya tahan tubuh kita lemah, maka sangat cepat penyakit menular.
Selain sosialisasi 6 langkah cuci tangan yang benar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan mempraktekkan 6 langkah mencuci tangan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Guru SD Negeri 009 Ganting, Mahasiswa Kukerta Bangun Kampung Unri Tahun 2023 dan Peserta Didik kelas 1 hingga 3. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pentingnya menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan selalu mencuci tangan sesuai aturan 6 langkah mencuci tangan yang benar setelah melakukan kegiatan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Dalam sesi pertama, Mahasiswa KUKERTA Universitas Riau memperkenalkan cara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di mulai dari pengertian, kenapa kita harus mencuci tangan, kapan waktu mencuci tangan dan di akhiri dengan 6 langkah mencuci tangan yang baik dan benar. Peserta didik sangat interaktif menjawab setiap pertanyaan.

Sesi kedua dilanjukan dengan tanya jawab dan di sesi selanjutnya pratek secara langsung cara mencuci tangan yang baik dan benar dengan 6 Langkah mencuci tangan. Peserta didik sangat antusias berbaris dan menunggu giliran untuk mempratekkan 6 langkah mencuci tangan yang baik dan benar.
“Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan selalu mencuci tangan. namun tidak sembarang cuci tangan yang “asal basah” juga bagaimana cara mencuci tangan yang benar menurut kementerian kesehatan dengan menggunakan sabun dan melakukan 6 langkah cuci, maka kita dapat mencegah berbagai penyakit dan mengikatkan kekebalan tubuh kita. Oleh sebab itu, dari sosilisasi ini, kita belajar Bersama cara pentingnya menjaga kebiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar nantinya bisa kita terapkan Bersama dalam kehidupan sehari – hari.” Ujar Hani Faturahmi

Hani mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak Sekolah Dasar (SD) 009 Ganting yang telah menerima dan menyambut kami Kelompok KUKERTA Universitas Riau desa Ganting tahun 2023 dalam pelaksanaan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) 6 langkah mencuci tangan yang baik dan benar sesuai arahan dari mentri Kesehatan.

“Serta Terimakasih kepada seluruh anggota kelompok yang telah bekerja keras menyukseskan acara sosialisai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD 009 Ganting ini. Tanpa kontribusi dan kerja keras kita Bersama, acara ini tidak akan terlaksana dengan baik.”

Dosen Pembimbing Lapangan yang tergabung dalam tim KUKERTA di Kecamatan Salo Desa Ganting yakni Resdati, S.Sos.,M.Si.
Anggota KUKERTA desa Ganting Universitas Riau 2023 : Hani Faturahmi, Annisa, Gilang Baihaqi, Intan Intan Syahputri, Lailatul Rahmi, Putri Siti Asiyah, Sebastian Beinal Parma.S, Simon Faris Ferdian Supiyan dan Tarissa Khairani,
Kegiatan sosialisasi ini di akhiri dengan sesi foto Bersama dengan peserta didik dan Guru SD 009 Ganting.
(Penulis: Hani Faturahmi)




















































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial