AdvetorialDaerahKab. Kampar

KPU Riau Perkuat Kapasitas dan Integritas Penyelenggara, Menuju Pilkada yang Demokratis dan Berkualitas Berbasis Civil Society

Bagikan :

Kampar, Suaraaura.com – Dalam rangka memperkuat kapasitas dan integritas jajaran penyelenggara Pemilu, Ketua KPU Provinsi Riau, Rusidi Rusdan memberikan arahakan kepada seluruh jajaran komisioner dan sekretariat KPU se- Provinsi Riau melalui Zoom Meeting, Senin (29/4/2024).

Dalam arahannya yang mengangkat tema “Menuju Pilkada yang Demokratis dan Berkualitas Berbasis Civil Society,”, Rusidi Rusdan mengingatkan seluruh jajaran agar menguatkan komitmen dan meningkatkan kemampuan, terutama dalam memberikan pelayanan saat proses penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ Walikota & Wakil Walikota serentak Tahun 2024.

“agar Pemilu/ Pilkada terlaksana dan berlangsung secara jujur dan adil sebagaimana cita-cita reformasi, perlu ada upaya untuk memperkuat dan meningkatkan kompetensi SDM yang ada,” ujar Rusidi Rusdan, Ketua KPU Provinsi Riau terpilih periode 2024-2029 ini.



Rusidi menjelaskan, upaya memperkuat kapasitas dan integritas jajaran penyelenggara pemilu dapat dilakukan dengan melalui pendekatan Emosional Spritual Quotion (ESQ) dan mengoptimalkan pelayanan melalui penggunaan teknologi informasi, sehingga mendorong partisipasi masyarakat sipil. “dengan teknologi yang ada, kita manfaatkan untuk menyebarkan informasi pemilu/pilkada sebanyak-banyaknya. Sehingga partisipasi masyarakat bisa meningkat. Ibarat pengusaha, jualan kita adalah “informasi-informasi tentang Pemilu/pilkada,” jelas Rusidi mencontohkan.

Selain itu, Rusidi juga mengatakan bahwa SDM penyelenggara pemilu mulai dari KPU hingga ke tingkat TPS merupakan kekuatan yang dapat digerakkan untuk menjaga kemurnian demokrasi sekaligus sebagai kekuatan menjaga kepentingan nasional bangsa dan negara.

Dalam arahannya, Rusidi juga merekomendasikan sejumlah program kegiatan yang bisa diadopsi oleh KPU Kabupaten/kota dalam melaksanakan Pilkada 2024. Antara lain membuat layanan Call center kpu, training ESQ, stand (posko) pelayanan Daftar pemilih di pusat-pusat kegiatan masyarakat, pusat keramaian dan lokasi car free day, pemasangan spanduk di setiap rumah penyelenggara pemilu, jelajah pemilih perbatasan melalui sejumlah program, pelaksanaan MOU/ kerjasama sosialisasi Pemilu dengan lembaga-lembaga, ormas, komunitas dll.

“jadi melalui kesempatan ini saya juga ingin sampaikan ke kawan-kawan semua, terutama semua komisioner, kita sudah siapkan program-programnya, tinggal diadopsi di kabupaten/kota masing-masing. Silakan berinovasi sesuai kreatifitas dan kearifan local daerah masing-masing,” harap Rusidi.

Kegiatan penguatan kelembagaan tersebut juga dihadiri oleh Anggota KPU Provinsi Riau lainnya, Abdul Rahman, Nugroho Noto Susanto, Sekretaris KPU Provinsi Riau, Sri Lestariningsih, para Kabag dan Kasubbag, Sekretaris KPU Kabupaten/kota, kasubbag serta staf di jajaran KPU Provinsi Riau, dan KPU Kabupaten/Kota se- Provinsi Riau.





































































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial