AdvetorialDaerahKab. Kampar

Kick Off Gerakan Nasional Ketahanan Pangan, Pj Bupati Kampar Bersama Komandan Korem 031/Wira Bima Melakukan Panen Padi Bersama.

Bagikan :

Kampar, Suaraaura.com – Dalam rangka Gerakan Nasional Ketahanan Pangan, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM menghadiri Kick Off Gerakan Nasional Ketahanan Pangan bersama Komandan Korem 031 Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P, M. HAN, yang diselenggarkan di Desa Simpang Kubu Kecamatan Kampar, Rabu (1/11/2023).

Panen Raya tersebut dihadiri, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM bersama Komandan Korem 031/ Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P, M. HAN, Dandim 0313/KPR Letkol.Arh. Mulyadi, M,IP, Kejari Kampar Sapta Putra, SH, M. HUM, Kapolres Kampar yang mewakili, Pengadilan Negeri Kampar yang Mewakili, Kepala OPD di Lingkup Pemkab Kampar, Plt. Camat Kampar Riska Jonita, S. STP, Ketua LAK Drs. H. Yusri, M.Si, dan Ninik Mamak Alim Ulama, Ibu/Bapak Petani dan Tamu undangan lainnya.

Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023 ini merupakan Dalam rangka HUT TNI Ke-78 dengan Tema “Ketahanan Pangan Untuk Indonesia Maju.”



Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM Dengan Panen Raya ini Saya Berharap ini bisa dijadikan contoh bagi petani padi yang lain di seluruh Kabupaten Kampar sehingga apa yang kita ingin bersama yakni tercapainya swasembada pangan di Kabupaten Kampar dan kita mampu mencukupi kebetuhan beras untuk masyarakat sehingga desa-desa yang ada di Kabupaten Kampar makmur maju dan sejahtera sehingga ketahanan pangan dikabupaten Kampar dapat kita wujudkan

“Kami yakin, dengan kerja keras, kerja ikhlas para petani yang didukung dan dibimibing oleh Dinas tekait serta TNI mampu memberikan kontribusi di sektor pertanian.”ungkapnya.”

Datuk Sinaro selaku Pj Bupati Kampar juga menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Kampar bersama dengan pemangku kepentingan dan seluruh petani padi di Kabupaten Kampar telah berkomitmen untuk meningkat hasil pertanian khususnya padi/gabah guna mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan di Kabupaten Kampar.

“pembangunan pertanian khsususnya tanaman pangan dan hortikultura mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan stabilitas nasional sehingga harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Stabilitas nasional selalu berkaitan dengan ketersediaan pangan yang cukup memadai bagi kebutuhan masyarakat.”

“Dan untuk mewujudkan ketersedian pangan yang cukup bagi masyarakat di Kabupaten Kampar, Pemerintah Kabupaten Kampar telah melakukan langkah-langkah nyata didukung TNI.”ungkapnya.”

Pj Bupati Kampar juga menjelaskan disaat Kepala Daerah di Undang di Istana Negera dan Presiden Mengintruksikan dengan Masalah Krisis Pangan ini Presiden RI Ir. Jokowi Dodo mengambil sikap yaitu untuk meminta peningkatan produksi besar-besaran baik itu dari petani, baik itu dari korporasi, baik itu dari BUMN, yang Kedua untuk segera memastikan offtaker yang akan menampung hasil peningkatan produksi besar-besaran tersebut, yang Ketiga pentingnya pendistribusian komoditas pangan yang telah diproduksi secara besar-besaran tersebut, sehingga stok tidak menumpuk atau kualitasnya menurun bahkan busuk. “Artinya semuanya harus ada grand plan-nya, rencana besarnya seperti apa kan sudah kita sampaikan, dalam pelaksanaannya juga harus ada.

Untuk itu, dalam instruksi tersebut, Pemerintah Kabupaten Kampar bersama dengan TNI selalu mendorong dan bersama sama mewujudkan Ketahanan Pangan, karena kecukupan pangan akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Dan ketika masyarakat sudah sejahtera, maka secara tak langsung menumbuhkan sikap kecintaan terhadap tanah airnya.

“Kami berharap dengan teknologi yang unggul, kualitas benih, pemanfaatan bahan-bahan organik yang mudah didapat, pendampingan, kemitraan, serta proses pengolahan yang unggul hasil pertanian akan lebih baik, dan petani Kampar akan lebih maju dan sejahtera.”tutupnya.”

Dalam sambutannya, Komandan Korem 031 Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P, M. HAN mengatakan Terimakasih sebesar-besarnya Kepada Semua yang telah mendukung Kegiatan ini dalam rangka Kick Off Mensukseskan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan.

Dandrem juga mengatakan, Kenapa TNI Peduli terhadap Kondisi Letahanan Pangan Indonesia, Karna ketahanan Pangan Di indonesia sedang tidak baik baik saja sesuai dengan Instruksi Presiden. Ada pengaruh yang berpotensi bisa menurunkan Pangan kita, salah satunya merupakan peperangan Ukraina dan Peperangan Palestina serta Iklim Global.

“Provinsi Riau secara Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi yang didukung oleh Gubernur dan Bupati/Walikota beserta jajaran merupakan terjadi Peningkatan beberapa aspek khususnya Ketahanan Pangan dan walaupun terjadi peningkatan kita juga Perlu Peningkatan Penyempurnaan.”

“Untuk itu, TNI sesui dengan Instruksi Presiden kami diperintahkan untuk membantu Pemerintah dalam Mensukseskan Pembangunan termasuk Pembangunan Ketahanan Pangan, ini merupakan langkah yang terbaik dalam Meningkatkan ketahanan Pangan kita supaya stabil serta meningkat.”ungkapnya.”

Selanjutnya, Hari ini kita akan melakukan bersama sama Panen Padi Bersama karna 5 bulan saya di Provinsi Riau, saya langsung gasspol sesuai dengan instruksi Presiden terkait Ketahanan Pangan dan alhamdulillah kita bisa mampu Menetralisirnya.

Terakhir Dandrem juga mengatakan Setelah Panen ini ada juga Kolam Ikan Patin serta nantinya kita budidayakan dengan Mikroba, dan nanti saya buat Pos disini untuk mengawal Pangan kita yang ada disini, Semoga bermanfaat buat Petani Petani kita yang ada sini dan seluruhnya.”tutupnya.”

Setelah Panen Raya Dalam rangka Gerakan Nasional Ketahanan Pangan, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, SE, MM bersama Komandan Korem 031 Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P, M. HAN dan Dandim 0313/KPR Letkol. Arh. Mulyadi, M.IP serta Forkopimda Lainnya melakukan Zoom Meeting seluruh Daerah di Indonesia yang di Pimpin oleh Wakil Presiden Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin didampingi oleh Kapolri dan Panglima TNI beserta jajaran.
(Advetorial).





































































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial