DaerahKab. KamparPendidikan

Ketua AGPAII Riau dan Ketua AGPAII Kampar Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude

Bagikan :

KAMPAR, SuaraAura.com – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Provinsi Riau, M. Hendra Yunal, S.Pd.I., M.Si. dan Ketua DPD AGPAII Kabupaten Kampar, Imam Farih, S.Pd.I., M.Pd berhasil meraih Gelar Doktor di Bidang Pendidikan Agama Islam.

Mereka mampu mempertahankan disertasi masing-masing dalam Sidang Promosi Doktor (Ujian Terbuka) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Aula Pascasarjana UIN Suska Riau, Kamis. (23/5/2024) kemarin.

Ujian terbuka tersebut dihadiri oleh ratusan audiens yang menyaksikan langsung jalannya persidangan, dari berbagai institusi diantaranya, pengurus DPW AGPAII Riau, Pengurus DPD AGPAII Kampar, Pengurus MKKS SMA Kabupaten Kampar, Majelis Guru SMAN 1 Bangkinang Kota, SMAN 2 Tapung, serta majelis guru SDN 016 Suka Mulya.



Tampak juga hadir Ketua DPRD Kampar 2014-2019, Ahmad Fikri, S.Ag (Ofik), Dewan Pendidikan Riau, Dr. Masyhuri, M.Psi, Anggota DPRD Kampar terpilih, H. Ahmad Taridi. S.HI, Keluarga Besar M. Hendra Yunal dan Keluarga Besar Imam Farih serta undangan lainnya.

Kepada awak media, Hendra Yunal yang biasa dipanggil MHY menyampaikan bahwa disertasinya berjudul “Model Pembentukan Karakter: Suatu Analisis Fungsi Motivasi Belajar, Kreaktivitas dan Kematangan Emosi Pada Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Riau untuk mampu dipertahankan di hadapan Dosen Penguji, yang dimotori oleh Prof. Dr. H. Ilyas Husti, MA selaku Direktur Pascasarjana UIN Suska Riau dan dinyatakan LULUS Predikat Cumlaude dengan IPK: 3,97.

“Ini sungguh prestasi yang sangat membanggakan bagi saya,” ujar MHY yang pernah menjabat Kepala SMAN 1 Bangkinang Kota (2018-2024).

Lebih lanjut, Hendra Yunal mengungkapkan bahwa gelar akademik yang diraihnya tidak terlepas dari dukungan dari berbagai pihak, baik moril maupun material.

Maka dari itu, Hendra Yunal mengucapkan terimakasih kepada kedua almarhum orang tuanya, kakak dan abangnya yang terus memberikan support selama ini, istrinya tercinta yang senantiasa mendampingi dalam keadaan susah dan senang, anak-anak tersayang belahan jiwa pelipur lara, rekan-rekan pengurus DPW AGPAII Riau dan DPD AGPAII Kampar, Majelis Guru SMAN 1 Bangkinang Kota dan SMAN 2 Tapung yang senantiasa memberikan motivasi setulus hati.

Ucapan Terimakasih tak terhingga juga beliau sampaikan kepada Dosen Penguji, Promotor dan Co Promotor yang mensupport dan membimbing beliau dalam penyelesaian disertasinya.

“Kita senantiasa memotivasi diri untuk menuntut ilmu sampai kapan pun dan dalam kondisi apapun, selaras dengan konsep long life education “pendidikan sepanjang hayat”. Karena melalui pendidikan inilah peradaban akan diciptakan dan pendidikan ini jugalah yang mengangkat seseorang ke derajat yang tertinggi,” ulasnya.

Lebih lanjut Hendra Yunal berpesan, jangan pernah menyerah dan mengatakan cukup menuntut ilmu, karena semakin ilmu itu dicari, semakin belum merasa tercukupi,” pungkasnya.

Hendra Yunal ini merupakan alumnus UIN Sultan Syarif Kasim Jakarta (S1) dan Universitas Indonesia, Depok (S2). Saat ini Dr. M. Hendra Yunal, S.Pd.I, M.Si berhasil menyandang gelar doktor.

Sementara itu, Imam Farih dengan judul disertasi “Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Nawawi Al-Bantani dalam Kitab Maraqil Ubudiyah dan Implikasinya di Era Industri 4.0” dinyatakan Lulus, Predikat Cumlaude, dengan IPK: 3,94.

Kepada Awak Media, Imam Farih mengatakan bahwa Ujian Terbuka tersebut merupakan rangkaian akhir dari beberapa tahapan ujian yang telah dilalui.

“Diawali dengan Ujian Seminar Proposal (Sempro) di Semester 3, lalu Ujian Seminar Hasil (Semhas) di semester 4, selanjutnya Ujian Tertutup di Semester 5 dan berakhir dengan Ujian Terbuka (Sidang Promosi Doktor) pada semester 6 ini. Alhamdulillah kami berdua mampu menyelesaikan studi S3 ini dalam 6 semester (3 tahun),” Pungkas Imam yang merupakan Kepala SDN 016 Suka Mulya.***



































































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah