DaerahKota Dumai

H Indra Gunawan dilantik oleh PJ Bupati Kamsol Sebagai Ketua Umum IKKD.

Bagikan :

Dumai, (Suaraaura.com) Penjabat Bupati Kampar DR. H Kamsol MM melantik H. Indra Gunawan Sebagai Ketua Ikatan Keluarga Kampar Dumai (IKKD, pelantikan Ketua dan Pengurus IKKD ini diselenggarakan di Gedung Balai Sri Bunga Tanjung Kota Dumai. Sabtu,(28/1/23).

Kedatangan PJ Bupati Kampar beserta rombongan disambut langsung oleh Walikota Dumai H Paisal S.KM, MARS didampingi  beserta jajaran dan tokoh-tokoh masyarakat Kampar Kota Dumai.

“Saya juga mengajak IKKD agar nantinya dapat berkontribusi terhadap Pemerintah Kota Dumai, dan membantu dan bersinergi dengan Pemerintah, demi Kota Dumai yang maju dan sejahtera”.papar Kamsol.

Kamsol memaparkan berbagai upaya Pemerintah Kabupaten Kampar dalam Percepatan pembangunan.

Disektor pertanian, kita telah melakukan penanam Padi dengan Teknologi Intensifikasi Padi Aerod Terkendali- Berbasis Organik (IPAD-BO)  Alhamdulillah hasil gabah yang diperoleh meningkat 100 persen” Ucap Kamsol

Kamsol menjelaskan Sebelum penerapan IPAT-BO Produksi 1-3 ton/haktare 1 kali tanam/tahun. Setelah penerapan IPAT-BO meningkat sebesar 7,4 ton/haktar (146%) 2-3 kali tanam/tahun, Dan ini telah kami buktikan pada uji coba penanaman tahun 2022 pada Luas Lahan 8,5 hektar dan insya allah tahun 2023 akan ditanam pada lahan seluas 2.700 hektar.

Begitu juga percepatan peningkatan disektor UMKM, dan dari hasil realisasi penyaluran KUR di Kabupaten Kampar Tahun 2022, Bank Indonesia (BI) per 12 Desember 2022, sebesar Rp1,5 Triliun lebih dengan jumlah Debitur sebanyak 18.874 debitur, ini menandakan usaha ekonomi kecil sudah bergerak.

“Dengan demikian pergerakan sektor perekonomian masyarakat mulai tumbuh dan berkembang.

Pemerintah kabupaten Kampar juga sudah melakukan MoU bersama Business Strategi Profesional (BSP) Malaysia dan langsung kita tindaklanjuti dengan melakukan ekspor perdana Produk UMKM Perikanan Abon Ikan Patin sebanyak 2 ton dari 38 ton permintaan BSP Malaysia. Dan kedepan kita akan usahakan ekspor abon ikan patin sesuai dengan permintaan BSP Malaysia.

“untuk mencukupi kebutuhan ekspor abon ikan patin dan banyak permintaan maka kedepan mereka akan membangun industri abon ikan patin di Kampar, dan saat ini mereka sudah membangun gudang khusus untuk penampungan produk abon ikan patin di Malaysia.

Kamsol menjelaskan Ada beberapa UMKM yang masuk pada daftar untuk dikembangkan dan dipasarkan ke Luar Negeri, seperti Nenas (utama pembuatan Selai), Patin dan Madu, aamun untuk saat ini baru siap untuk diedarkan di pangsa pasar luar negeri adalah Ikan Patin dalam bentuk Abon Ikan Patin (fish floss)”.ucap PJ Bupati Kampar.

Ia juga mengajak Pemerintah Kota Dumai untuk bersinergi dalam pengembangan sektor industri. Hal ini karena Kota Dumai adalah pintu gerbang dalam eksport barang ke luar negeri khususnya Malaysia.

Selain Lingkungan Hidup Ekonomi Kreatif,  Pemerintah Kabupaten Kampar juga memberikan perhatian pada potensi utama daerah yakni Infrastruktur yang meliputi Peningkatan Kwalitas Pendidikan, Peningkatan Kwalitas Kesehatan (fokus pada penanggulangan Stunting), Penghapusan Kemiskinan ektrim dan Desa Ekowisata Ramah Anak Pedili Perempuan dan Pendidikan (DERAPPP).

Untuk stunting Kabupaten Kampar sudah turun menjadi 14 persen, namun untuk angka kemiskinan masih tinggi karena di daerah Kampar Kiri hulu terdapat 23 desa sangat tertinggal dan 1 desa tertinggal.

“Hal ini Bukan karena Pemerintah Kabupaten Kampar tidak memperhatikan tapi 24 desa yang berada di Kampar Kiri Hulu tersebut berada di kawasan hutan lindung dan hutan marga satwa.”kata PJ Bupati Kampar

PJ Bupati Kampar menjelaskan bahwa daerah hutan margasatwa dan hutan lindung tersebut jika kita bangun harus ada MoU dulu dengan BKSDA dan tidak mudah persyaratannya.

Namun kita terus mencari solusinya agar kita bisa membangun dan mengurangi kemiskinan di daerah tersebut.

Sementara itu Walikota Dumai H Paisal S.KM, MARS dalam sambutan merespon dan mendukung kerjasama pemerintah Kabupaten Kampar dengan Kota Dumai dan meminta untuk ditindaklanjuti.

Sebelumnya Ketua Umum IKKD terpilih H Indra Gunawan yang juga sekaligus Sekretaris Daerah Kota Dumai dalam pidatonya mengatakan tujuan IKKD di bentuk untuk mempersatukan masyarakat Kampar di Kota Dumai serta mempererat silaturahmi.

Indra Gunawan yakin IKKD selalu bersinergi dalam memberikan kontribusi untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat kota Dumai.

Turut mendampingi PJ Bupati Kampar, Asisten I Ahmad Yuzar,MT, Asisten II Suhermi,ST, dan Azwan,MSi Asisten III Setda Kampar serta Kadis Parawisata Zulia Dharma, Kadis PUPR Afdal, Kadis Perindustrian Ali Sabri, Kadis Pendidikan, Kadis DPM-PTSP Hambali,  serta Kabag Kerjasama dan Kabag Protokol Irwan AR. (***)




















































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah