DaerahKab. KamparRiau

Bawaslu Kampar Teken MoU dan MoA dengan UIR

Bagikan :

BANGKINANG, SuaraAura.com – Bawaslu Kampar- Setahun jelang kontestasi atau pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau serentak bersama delapan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Riau melaksanakan penandatanganan dokumen kerjasama berupa penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dan Memorandum Of Agreement (MoA) dengan Universitas Islam Riau yang dilaksanakan di Auditorium Gedung Rektorat UIR, Senin (06/3/2023).

Penandatanganan pertama dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Kampar yang di wakili langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kampar, Syawir Abdullah dan Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi dalam penandatanganan Mou.

Dalam sambutannya Kabag Pengawas Pemilu Bawaslu Riau, Tarmizi AP mengatakan bahwa Kegiatan ini digagas guna menyasar mahasiswa – mahasiswi di perguruan tinggi yang merupakan pemilih pemula, berdasarkan data sensus penduduk terbaru dari total jumlah keseluruhan data pemilih sebanyak 30% nya merupakan pemilih pemula, mahasiswa juga dapat menjadi gerbang penyebaran informasi mengenai pemilu yang LUBER JURDIL di kanal-kanal sosial media maupun media cetak terkini.

Hadir mewakili Ketua Bawaslu Provinsi Riau Hasan, selaku Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Pendidikan Pelatihan Bawaslu Provinsi Riau, dalam sambutannya mengatakan bahwa melalui penandatanganan kerjasama sekaligus sosialisasi tersebut diharapkan dapat menjadi corong informasi yang update mengenai perkembangan persiapan pengawasan pemilu.

“Bawaslu Riau dalam hal ini mempunyai tanggung jawab terhadap pengawasan pemilu di tingkat kabupaten, kota hingga provinsi yang ada di provinsi Riau, kami juga turut melakukan sosialisasi guna menyebarkan informasi mengenai pelaksanaan pemilu sampai kepada masyarakat di segala lini serta bentuk ikhtiar untuk upaya ini bisa masif sampai kepada masyarakat,” kata Hasan.

Rektor UIR Prof. Dr. H. Syafrinaldi juga menyambut positif kerjasama yang digagas, segenap civitas akademika UIR dengan berbagai disiplin ilmu yang dimiliki siap membantu Bawaslu Provinsi Riau hingga Bawaslu yang berada di tingkat Kota hingga Kabupaten dalam misi mensukseskan Pemilu 2024.

“Terima kasih kepada Bawaslu karena telah mempercayakan untuk melaksanakan kerjasama dengan UIR, Pekerjaan mengawasi adalah pekerjaan yang sulit, apalagi ketika mengawasi sebuah pesta demokrasi yang nantinya akan serentak dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang, UIR dengan segenap SDM yang kami miliki dengan seluruh disiplin ilmu yang kami miliki siap untuk membantu bawaslu provinsi kota kabupaten hingga provinsi,” pungkasnya.

Selain penandatanganan dokumen kerjasama, dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan Kuliah umum yang diikuti oleh lebih kurang 200 peserta yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi UIR dengan tema “Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Menuju Pemilu Demokratis di Universitas Islam Riau”, yang dipandu oleh M. Irvan Rosyadi, S.E., M.M. Kepala Divisi Kerjasama Dalam Negeri KUI&K dan Narasumber dari UIR Dr. Rendi Prayuda, S.IP., M.Si selaku Dosen FISIPOL UIR dan dari Bawaslu Riau Hasan.(***)




















































Redaksi Suara Aura
Redaksi suaraaura.com merupakan penulis dan kontributor resmi untuk media online milik PT Suara Aura Cemerlang

You may also like

Comments are closed.

More in Daerah