AdvetorialDaerahKab. Kampar

Bangkinang Kota Juara 1 Lomba Cipta Menu B2SA Media Sosialisasi dan Promosi Pangan Lokal Non Beras.

Bagikan :

Bangkinang Kota,(suaraaura.com) Pembukaan secara resmi oleh Pj Bupati Kampar pada pagi harinya, Kegiatan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (LCM-B2SA) Tingkat Kabupaten Kampar sampai pada puncak pelaksanaan yakni pengumuman peraih juara bagi para peserta, Kamis (27/7/2023).

Selama penilaian lomba, Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Kampar drg. Yusi Prastiningsih Firdaus, MM senantiasa setia dampingi seluruh peserta lomba yang telah diketahui berasal dari TP PKK Kecamatan se Kabupaten Kampar yang juga merupakan binaan dari TP PKK Kabupaten Kampar.

Tampak mengikuti rangkaian kegiatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Muhammad beserta jajaran, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kampar Nurilahi Ali, Wakil Ketua III TP PKK Kabupaten Kampar Reni Susanti, Pokja III TP PKK Kabupaten Kampar yang digawangi oleh Emaliza beserta anggota, Camat se Kabupaten Kampar dan Ketua TP PKK Kecamatan se Kabupaten Kampar.

Setelah lakukan penilaian dan cicipi kreasi aneka ragam makanan pada Lomba B2SA ini dewan juri yang terdiri dari Ahli Gizi Provinsi Riau, BPOM Provinsi Riau, DKP Provinsi Riau dan Pokja III Provinsi Riau sampaikan pengumuman kepada peserta lomba.

Sebelumnya dewan juri telah menyampaikan bahwa penilaian telah mencakup kepada penggunaan bahan makanan, sumber bahan yang memang diminta dari hasil tanaman yang berada dihalaman atau pekarangan rumah yang merupakan pokok dari Aku Hatinya PKK atau sekurang-kurangnya mudah didapat di lingkungan sekitar dan yang terpenting bukanlah bahan import, karena lomba ini bertujuan adalah mengkonsumsi bahan pangan lokal.

Penyajian menu sesuai dengan syarat gizi yang seimbang, higienis dan penataan saat penyajian yang tidak boleh berlebihan dalam porsi untuk dikonsumsi perorangan.

Untuk hasil Lomba B2SA seperti yang diumumkan oleh dewan juri adalah memperebutkan 6 (enam) juara dan utusan Kecamatan Bangkinang Kota adalah yang dinobatkan menjadi Juara Pertama dari rangkaian penilaian yang telah dilaksanakan. Dilanjutkan pada posisi kedua Kecamatan Tambang, posisi ketiga Kecamatan Kuok. Untuk posisi juara harapan, ditetapkan utusan Kecamatan Kuok raih posisi harapan I, Harapan II ditempati oleh Kecamatan Kampar Kiri Tengah dan posisi Harapan III diraih oleh utusan Kecamatan Tapung Hulu.

Maka dengan demikian Kecamatan Bangkinang Kota berhak menjadi wakil Kabupaten Kampar untuk mengikuti lomba ketingkat Provinsi.

Berikan arahan sebelum menyerahkan hadiah, Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Kampar katakan kepada seluruh peserta lomba agar dapat menerapkan keaneka ragaman menu sehat ini pada keluarga nantinya. Dan apresiasikan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar karena telah memiliki program ini sebagai bentuk sosialisasi dan promosi, sebagai media pembelajaran bagi masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi aneka ragam pangan lokal non beras sebagai pengganti beras.
“Lomba ini juga memberikan kita pengetahuan pentingnya takaran dalam setiap penyajian makanan yang sesuai dengan tubuh” demikian Yusi Mengatakan.

Yusi juga menambahkan bahwa masih lemahnya program pendidikan gizi dan pangan bagi masyarakat telah mengubah pola konsumsi masyarakat yang hanya didoninasi oleh beras semata. Kebijakan konsumsi pangan dewasa ini memang belum memberikan perhatian yang seimbang pada pangan non beras terutama diversifikasi pangan. Untuk itu dengan menggandeng program Aku Hatinya PKK, juga dapat mendorong percepatan program Pemerintah dalam mensosialisasikan pangan non beras ini. Selanjutnya ditambahkan Yusi bahwa dengan adanya asupan makan pola B2SA yang diterapkan dalam rumah tangga dapat cegah Stunting pada anak-anak, sehingga akan mampu mempercepat turunnya angka Stunting di Kabupaten Kampar khususnya.

Pada peserta lomba yang meraih juara Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Kampar berpesan agar jangan merasa berpuas diri dan harus lebih tingkatkan kreatifitas dalam mengolah pangan non beras ini. Sebagai yang nantinya menjadi utusan Kabupaten Kampar akan diberi pembinaan langsung oleh TP PKK Kabupaten Kampar dalam persiapan mengikuti lomba Tingkat Provinsi Riau.

Menutup acara Lomba B2SA Tingkat Kabupaten Kampar, Pj. Ketua TP PKK kabupaten Labupaten Kampar menyerahkan Plakat, Piagam Penghargaan dan sejumlah uang pembinaan kepada para juara lomba. (Advetorial)



































































You may also like

Comments are closed.

More in Advetorial