DaerahKab. Kampar

Acara Halal Bihalal PJ Bupati Kamsol Bersama Masyarakat Koto Majid

Bagikan :

XIII Koto Kampar,(suaraaura.com) Masih dalam rangka Idul Fitri 1444 H, Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM hadiri Acara Halal Bi Halal dengan masyarakat Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar, Selasa (25/4/2023). Ini merupakan bentuk sinergitas antara Pemerintah, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan seluruh elemen masyarakat dalam membangun Kabupaten Kampar yang lebih maju, berkembang.

Bertempat di Mesjid At-Taqwa Dusun I Pincuran Bilah Kecamatan XIII Koto Kampar Pj. Bupati Kampar disambut dengan suka cita oleh seluruh elemen masyarakat yang ada di Desa Koto Masjid, mulai dari Ninik Mamak Kenegerian Pulau Gadang, Tokoh Adat, Tokoh agama, sampai masyarakat yang masih berusia dini yang sudah tampak memadati Mesjid. Tampak Camat XIII Koto Kampar Zulfikar dan Kepala Desa Koto Masjid Arjunalis ikut dampingi Pj. Bupati Kampar.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Kampar sangat mengapresiasi kegiatan yang telah sukses dilaksanakan oleh masyarakat Desa Koto Tuo dalam memeriahkan Idul Fitri 1444 H.



“Acara Halal Bi Halal dengan masyarakat Desa Koto Mesjid ini sangat bermanfaat untuk memperkuat tali silahturrahmi antar umat muslim sekaligus sebagai salah satu cara dalam memperkokoh persaudaraan antara Pemerintah Kabupaten Kampar dengan masyarakat yang ada di desa” demikian Kamsol mengatakan dalam mengawali sambutannya.

“Hal ini dalam rangka mewujudkan Kampar sebagai Negeri Serambi Mekahnya Provinsi Riau.
Tentu saja hal ini tidak bisa lakukan oleh Pemerintah semata, harus ada partisipasi dan dukungan semua pihak, baik itu tokoh agama, tokoh adat, ninik mamak, alim ulama dan tokoh-tokoh lainnya terkhusus masyarakat Kabupaten Kampar sendiri.
Moment Halal Bi Halal ini dapat juga sebagai perwujudan dukungan kepada Program yang telah diterapkan Pemerintah Kabupaten Kampar, yakni peduli tetangga, jalinan silaturrahmi dan memperkuat Ukhuwah Islamiyah.

Dengan Peduli terhadap tetangga kita dapat mengetahui segala apa kekurangan dan apa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita, sehingga segala permasalahan di tengah-tengah masyarakat seperti kemiskinan ekstrim dapat segera diselesaikan dan terselaikan dengan baik dan tepat” tambah Kamsol.

Dikutip dari keterangan yang diberikan Kepala Desa Koto Masjid, bahwa Desa Koto Masjid terbagi atas 4 (empat) Dusun, dan kegiatan Halal Bi Halal dalam rangka Idul Fitri ini tsetiap tahunnya akan digilir untuk masing-masing dusun. Tradisi ini juga sudah berjalan selama 86 tahun sehingga menjadi adat istiadat dan tradisi tahunan bagi warga Desa Koto Masjid.

Dalam acara Halal Bi Halal ini Pj. Bupati Kampar berkenan mendengarkan Khutbah Adat yang dipandu oleh Buya Thamrin merupakan salah seorang Tokoh Adat di Desa Koto Masjid yang juga ditandai dengan pengguntingan 6(enam) Pita Kehormatan yang mengandung makna kebersamaan dan persatuan, yang salah satu Pita Kehormatan tersebut di gunting oleh Pj. Bupati Kampar. Khutbah Adat berisikan Nasehat, Petuah kepada Pemimpin, Pemangku Adat dan bagi seluruh masyarakat setempat. (Advetorial)





































































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah