Nasional

Ketua MA Pimpin Upacara Pengucapan Sumpah Janji Anggota MPR/DPR/DPD RI Periode 2024-2029

Bagikan :

JAKARTA, SuaraAura.com – Anggota Majelis Permusyawaratah Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia mengucapkan sumpah janji yang dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof H Muhammad Syarifuddin, Selasa (01/10/2024) pagi hingga siang, bertempat di Ruang Sidang Paripurna, Gedung Wakil Rakyat, Jakarta.

Pengucapan sumpah janji ini diawali dengan pembukaan sidang paripurna pengucapan sumpah janji oleh Pimpinan Sementara DPR RI Guntur Sasono dari Partai Demokrat mewakili Anggota yang tertua.

Sedangkan Pimpinan Sementara yang termuda dari Anggota DPR RI periode 2024-2029 yakni Annisa Mahesa dari partai Gerindra.







Kemudian dilanjutkan dengan pengucapan sumpah janji Anggota DPR RI periode 2024-2029 yakni dibacakan oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) DPR RI kepada Anggota DPR RI yang masing-masing mewakili perwakilan agama sesuai dengan rohaniawan yakni Islam, Katolik, Protestan, Hindu dan Budha.

Selanjutnya Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof H Muhammad Syarifuddin memimpin jalannya pengucapan sumpah janji Anggota DPR RI periode 2024-2029.

Usai pengucapan sumpah janji tersebut, Pimpinan DPR RI periode 2019-2024 menyerahkan buku kerja kepada Pimpinan Sementara periode 2024-2029.

Sedangkan pelantikan dan pengucapan sumpah janji Anggota DPD RI periode 2024-2029 dipimpin oleh Pimpinan Sementara H Ismet Abdullah dari Dapil Provinsi Kepulauan Riau sebagai yang tertua dan termuda Larasati Moriska dari Dapil Provinsi Kaltara.

Prosesnya sama dengan pengucapan sumpah janji Anggota DPR RI yang dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof H Muhammad Syarifuddin sampai selesai prosesi nya.

Untuk pelantikan Anggota Majelis Permusyawaratah Rakyat (MPR) RI periode 2024-2029 dipimpin oleh Pimpinan Sementara dari Anggota DPR RI tertua yakni Guntur Sasono partai Demokrat dan Anggota DPD RI termuda Larasati Moriska dari Dapil Provinsi Kaltara.

Prosesi pengucapan sumpah janji Anggota MPR RI periode 2024-2029 ini pimpin langsung Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof H Muhammad Syarifuddin sampai selesai.

Begitu juga prosesi pengucapan sumpah janji Anggota MPR RI sama dengan pengucapan sumpah janji Anggota DPR RI dan DPD RI periode 2024-2029.

Usai pengucapan sumpah janji Anggota MPR RI ini selanjutnya, Pimpinan Sementara MPR RI mempersilahkan pembacaan doa oleh petugas yang telah ditunjuk.

Setelah selesai pembacaan doa, dilanjutkan penutupan sidang paripurna MPR RI dan Pimpinan Sementara menyalami Presiden Republik Indonesia H Joko Widodo dan mantan Wakil Presiden Republik Indonesia yang hadir diantaranya H Try Sutrisno, H Jusuf Kalla, H Budiono.

Sedangkan Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’aruf Amin tidak hadir pada pelantikan Anggota MPR RI, DPR RI dan DPD RI.

Pimpinan Tetap MPR/DPR dan DPD RI akan ditetapkan lewat sidang paripurna yang akan dipimpin langsung oleh Pimpinan Sementar dan dilanjutkan pengucapan sumpah janji Pimpinan Tetap berdasarkan UU Nomor 02 Tahun 2018 dan UU MD3.





























































You may also like

Comments are closed.

More in Nasional