Opini & Artikel

2 LOMPATAN KALIGRAFI DIGITAL

Bagikan :

*2 LOMPATAN KALIGRAFI DIGITAL*
Didin Sirojuddin AR

Kaligrafi DIGITAL klasik-tradisional akan mulai dilombakan di MTQ Nasional 2024. Tapi Riau jadi pelopor pertama yg mengamalkannya via Musabaqah Seni Kaligrafi Al-Qur’an (MSKQ) MTQ Prov. Riau XLI/2023, 11-17/11/2023, di Kabupaten Rengat. Aksi ini barulah eksibisi, seperti Kaligrafi Digital di MTQNas yg juga baru akan dieksibisikan. Tahun depan, Riau akan melombakannya di Dumai secara resmi selevel cabang-cabang Musabaqah lain, untuk merekrut kadernya ke MTQNas yang rencana pembukaannya di IKN Nusantara.
Berarti, Kaligrafi DIGITAL 2 X melompat. Pertama, masuk MTQNas via usaha diplomasi yg berat. Kedua, dikembangkannya Golongan Kaligrafi Digital di MTQ KORPRINas yg sudah berjalan beberapa kali, menjadi 2 golongan, yaitu Digital Klasik-Tradisional & Digital Kontemporer. Kedua-duanya menilai:

🟣 1– UNSUR KALIGRAFI (anatomi huruf) untuk gaya klasik-tradisional mencakup tingkat kesahihan kaidah dan keindahan khattiyahnya.
Sedangkan untuk gaya kontemporer mencakup keterbacaan tulisan dan kesahihan khat kontemporernya.



Jenis khat Digital Klasik-Tradisional adalah 3 dari 7 gaya yg dilombakan. yaitu: Naskhi, Tsulus, Diwani, Diwani Jali, Farisi, Kufi, dan Riq’ah. Panjang ayatnya maksimal 2 baris Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia, seukuran untuk Golongan Kaligrafi Kontemporer. Sedangkan untuk Digital Kontemporer, jenis khatnya memilih salahsatu atau kombinasi dari 4 gaya yg dilombakan, yaitu: Kontemporer Tradisional, Simbolik, Figural, dan Ekspresionis.

🟢 2– UNSUR DESAIN (kreativitas dan kekayaan imajinasi) mencakup orisinalitas, nilai artistik dan estetika, dan penerapan konsep.

Pada dasarnya, hasil karya Golongan Digital tidak berbeda dengan Golongan Naskah, Hiasan Mushaf, Dekorasi, dan Kontemporer. Bedanya, yg 4 Golongan ini ditulis dan dilukis secara manual. Sedangkan yg Digital dikerjakan dengan menggunakan perangkat digital atau mesin komputer. Apabila perlengkapan untuk 4 Golongan Tradisional adalah: tinta, cat acrylic, pena, kuas, dan media kertas, tripleks, dan kanvas, maka perlengkapan Digital adalah _hardware_ (laptop/komputer/drawing tablet) dan _software_ serta perlengkapan tulis-menulis maupun peralatan lainnya yg disiapkan oleh peserta masing-masing.

Menariiiiiiik sekali nonton karya digital yg dibuat secara langsung dengan salahsatu atau gabungan software-software grafis, tepatnya dengan menggunakan teknik DIGITAL PAINTING, VECTOR atau VEXEL sesuai kebiasaan yg digunakan peserta musabaqah. Aksi ini akan menghasilkan karya indah berukuran media A2 (420 X 594 mm) dengan resolusi 300dpi portrait atau landscape menggunakan format warna RGB.

Yang lebih penting, kehadiran KALIGRAFI DIGITAL di MTQ (sebagai simbol adaptasi ilmu dan teknologi) akan membangun semangat kreativitas, menghidupkan jiwa inovasi, dan membantu memudahkan teknik olah karya para khattat di segala macam media lebih dinamis. Sehingga, tidak akan terjadi, seperti yg dikhawatirkan al-khattat Mesir Mus’ad Musthafa Khudir Al-Bursaid:

الخط كائن حي إذادخل الكمبوترمات
_”KALIGRAFI adalah sosok yang hidup dinamis. Apabila masuk KOMPUTER, matilah dia.”_



































































Redaksi Suara Aura
Redaksi suaraaura.com merupakan penulis dan kontributor resmi untuk media online milik PT Suara Aura Cemerlang

You may also like

Comments are closed.