DaerahKab. Kampar

Silaturahmi Pencak Silat Kabupaten Kampar, Ratusan Pesilat Bacakan Ikrar Bersama

Bagikan :

KAMPAR, SuaraAura.com – Ratusan Pesilat Kabupaten Kampar menggelar acara Silaturahmi sekaligus membacakan ikrar bersama dalam menjaga Kamtibmas dan NKRI, kegiatan ini dilaksanakan di halaman Balai Desa Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, Minggu (30/06/2024) sekira pukul 09.00 wib pagi tadi.

Hadir dalam kegiatan silaturahmi tersebut, Ketua KONI Kab. Kampar yang diwakili Ketua Harian Afis Tohar SH, Ketua Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kampar Edi Bambang Purnomo selaku tuan rumah, Ketua perguruan PERSINAS ASAD Kab. Kampar H. Mudasir, Ketua perguruan Pagar Nusa Kab. Kampar M.Rizal Muhaimin dan jajaran pengurus serta ratusan pesilat dari 3 perguruan yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Ketua PSHT Cabang Kampar Edi Bambang Purnomo selaku tuan rumah kegiatan silaturahmi ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Desa Pancuran Gading yang telah memberikan fasilitas tempat dan sarana lainnya, sehingga acara silaturahmi Paguyuban Pencak Silat yang perdana ini dapat kita laksanakan,” ungkapnya mengawali.



Selanjutnya, Edi Bambang juga mengucapkan terimakasih kepada KONI Kab. Kampar yang dapat menghadiri acara ini, dan tak lupa terimakasih kepada seluruh Ketua, Pengurus serta anggota perguruan pencak silat Kab. Kampar yang bisa hadir dalam acara Silaturahmi pagi hari ini,” ungkap Edi Bambang lagi.

Selaku tuan rumah, Ketua PSHT Cabang Kampar juga menjelaskan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini adalah guna menjalin silaturahmi dan memperkuat persaudaraan antar perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Kampar, guna menghidari selisih paham, baik itu secara lisan maupun fisik demi terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, apalagi menjelang PILKADA serentak yang akan datang,” jelas Edi Bambang yang juga merupakan Kepala Desa Trimanunggal Kec. Tapung.

“Kami mewakili PSHT Cabang Kampar selaku tuan rumah dalam acara ini tidak lupa memohon maaf kepada seluruh peserta apabila ada kekurangan dalam penyelenggaraan kegiatan ini,” pungkas Edi Bambang Purnomo menutup sambutannya.

Selanjutnya, ketua PERSINAS ASAD Kab. Kampar H. Mudasir dalam sambutan singkatnya sangat mendukung terlaksananya kegiatan Silaturahmi ini, semoga kegiatan ini dapat memperkuat kekompakan kita dalam menjaga kelestarian budaya asli Indonesia yaitu Pencak Silat dan memperkokoh kecintaaan kita kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutupnya.

Sementara itu, ketua Pagar Nusa M. Rizal Muhaimin yang diwakili oleh Syahrun selaku pengurus Pagar Nusa Kab. Kampar dalam sepatah katanya, sangat menyambut gembira atas acara silaturahmi seperti ini, dimana kita dapat merajut silaturahmi, saling mengenal antar perguruan silat dan anggotanya yang ada di Kab. Kampar,” ucapnya.

Mari kita jadikan Kabupaten Kampar menjadi Kabupaten dengan pencak silat yang aman kepada masyarakat Riau khususnya dan Indonesia pada umumnya, kita bangga sampai detik ini generasi muda kita masih mengikuti dan melestarikan budaya asli Indonesia yaitu Pencak Silat. Dan kami juga berharap acara ini dapat terus kita laksanakan kedepannya dengan perguruan dan tuan rumah yang berbeda pula,” ujar Syahrun mewakili Ketua Pagar Nusa Kab. Kampar.

Diakhir kata-kata sambutan, Ketua KONI Kab. Kampar yang diwakili oleh Ketua Harian Afis Tohar SH dalam arahannya sangat mengapresiasi kegiatan silaturahmi Paguyuban Pencak Silat Kab. Kampar yang dilaksanakan pada hari ini, KONI sebagai wadah dari organisasi olahraga di Kab. Kampar akan selalu siap mendukung cabang olahraga pencak silat yang tergabung dalam organisasi Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kab. Kampar dalam mengembangkan dan meningkatkan prestasi atlit-atlitnya,” ungkapnya.

Lanjut kata Afis Tohar, pada saat ini pencak silat Kampar harus berbangga, karena ada 5 orang atlit pencak silat Kab. Kampar mewakili Riau pada kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumatera Utara dan Aceh,” ungkapnya lagi.

Afis Tohar juga menjelaskan bahwa di dalam rancangan program KONI Kab. Kampar kedepan, kami saat ini sedang menyusun desain olahraga daerah berdasarkan desain besar olahraga nasional yang didalamnya wajib membentuk PPLP yang dulunya hanya ada ditingkat Provinsi dan saat ini harus berada di daerah Kabupaten dan Kota, makanya saat kami gesa desain olahraga daerah yang mana di dalamnya ada olahraga unggulan dan rancangan hari ini, salah satu olahraga unggulan yang kita masukkan dalam desain olahraga daerah itu yakni cabang pencak silat,” jelas Ketua Harian KONI Kab. Kampar dalam arahannya.

Terakhir, kami berharap segala program-program yang kami sampaikan ini dapat dimanfaatkan oleh cabang olahraga pencak silat untuk meningkatkan prestasi atlit-atlit pencak silat dari masing-masing perguruan menjadi atlit pencak silat berprestasi ditingkat Kab. Kampar maupun tingkat nasional,” harap Afis Tohar menutup sambutannya.

Pantauan awak media, acara silaturahmi Pencak Silat Kabupaten Kampar yang juga di isi dengan penampilan seni beladiri dari masing-masing perguruan ini, diakhiri dengan pembacaan Ikrar Bersama Perguruan Pencak Silat Kabupaten Kampar dan penanda tanganan bersama oleh masing-masing ketua Perguruan dan ditutup dengan foto bersama.**





































































You may also like

Comments are closed.

More in Daerah